Makanan Pedas Bikin Jerawat? Ini Kata Dokter

Sering dengar kalau makanan pedas bikin jerawat? Benar nggak sih?

Saat saya mulai jerawatan yang lumayan parah di area dahi sekitar empat tahun lalu, saya memutuskan untuk ke dokter kulit. Setiap konsultasi, saya selalu diwanti-wanti “jangan makan pedas-pedas ya!”. Kata dokter saya penyebab jerawat saya bisa jadi makanan, salah satunya makanan pedas. Tapi saya bingung juga karena sebenarnya dulu saya nggak kuat dan jarang banget makan pedas LOL.

Fast forward, nggak tau kenapa sejak tahun lalu saya jadi hobi banget makan yang pedas-pedas dan sampai sekarang masalah jerawat saya juga belum benar-benar tuntas. Karena penasaran, I did my research and found this..

Hubungan Makanan Pedas dan Jerawat

Pernah nggak sih makan pedas sampai berkeringat? Pembuat rasa pedas dalam makanan umumnya adalah cabai. Menurut sebuah artikel Arizona University, di dalam cabai ada zat aktif bernama Capsaisin. Capsaisin ini lah yang berperan dalam memberi sensasi pedas dan panas. Di tubuh manusia juga terdapat syaraf-syaraf yang sensitif dengan panas dari Capsaisin. Untuk mendinginkan kembali kondisi yang panas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat.

Nah, hubungannya? Banyak yang berpendapat kalau keringat berlebih ini lah yang kemudian memicu jerawat muncul. Selain itu, makan pedas dalam jumlah banyak dan/atau sering will mess up our digestive system as well. Akan kelihatan juga masalah di kulit kalau pencernaan kita lagi nggak beres, salah satunya jerawat.

Concealer Jerawat -2

Still not quite convinced dengan pendapat ini, saya akhirnya bertanya juga ke dr. Edwin Tanihaha Sp.KK. Jadi sebenarnya makanan pedas menyebabkan jerawat nggak sih? Jawabannya, “Makanan pedas, khususnya di Indonesia kebanyakan nggak sekedar pedas, tapi juga berlemak. Jadi sebenarnya yang memicu jerawat adalah lemaknya. Makanan pedas lebih membuat jerawat yang sudah ada jadi meradang, bukan membuat jerawat muncul. Tapi nggak semua orang yang makan pedas dan berlemak langsung jadi jerawatan. Bisa aja kamu jadi berjerawat, teman kamu nggak. Pengaruhnya ke setiap orang beda-beda. Boleh-boleh aja kok makan yang pedas-pedas, asalkan nggak terlalu banyak dan sering.”

Kesimpulannya, makan yang pedas-pedas nggak single handedly menyebabkan jerawat kok. Yang penting makannya nggak terlalu banyak dan sering ya *lanjut makan fire wings*.

Baca juga: Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Diwaspadai