Steroid untuk Menyembuhkan Kulit Sensitif

Setelah kunjungan ke dokter kulit, saya baru tahu kalau jenis kulit ini termasuk sensitif dan salah satu cara untuk mengatasi permasalahannya adalah dengan menggunakan cream steroid.

Sudah baca artikel saya tentang pengalaman Suntik Jerawat ke Dokter? Nah, berkat kunjungan itu, saya jadi tahu kondisi kulit saya yang sebenarnya. Dari awal, saya memang tahu kalau kulit saya sensitif. Tapi yang saya nggak tahu adalah ternyata ini bawaan genetik jadi selain kulit wajah, kulit kepala dan telapak tangan saya pun ternyata sensitif parah.

Kalau di kulit kepala masalahnya ada pada timbulnya jerawat dan produksi minyak yang berlebih. Sedangkan di tangan, kulit saya sering mengelupas hingga berdarah. Kulit kepala berjerawat buat saya sudah nggak terlalu mengganggu, tapi kulit tangan yang kering itu ganggu banget buat saya, karena gatal banget dan kurang enak dilihatnya. Jadi dari hasil konsultasi saya dengan dr. Dewi Hasanah, SpKK, ini lah penyebab dan permasalahan saya:

Steroid untuk Menyembuhkan Kulit Sensitif

Jadi apa sih nama penyakit ini, dok?
“Namanya itu hand dermatitis atau orang biasa bilang hand eczema. Faktor genetik yang berperan biasanya mengakibatkan fungsi kulit sebagai skin barrier-nya terganggu (misalnya pada atopic skin). Skin barrier berperan untuk melindungi kulit dari iritan external, apabila terganggu maka tangan kita yang memang setiap hari berkontak dengan segala macam bahan jadi berpotensi mengalami peradangan (dermatitis).”

Baca Juga : Semua Hal Mengenai Kulit Eksema

steroid untuk kulit sensitifSetelah menggunakan krim steroid 2x

Jadi ini sama dengan atopic dermatitis ya, dok?
“Sebenernya bukan atopic dermatitis, tapi hand dermatitis bisa menjadi bagian atopic dermatitis. Orang tanpa atopic dermatitis pun bisa mengalaminya, misalnya pada orang yang pekerjaannya sering bolak balik cuci tangan (dokter bedah, pekerja salon), sehingga skin barrier-nya rusak”

Kemarin kan obat yang dikasih ke saya itu mengandung steroid, kenapa harus pakai itu dok?
“Pilihan pertama pada kulit dalam kondisi meradang adalah steroid. Pemilihan steroid dipengaruhi oleh: berat ringannya peradangan, tebal lesi, banyaknya skuama (kulit mati), lokasi. Karena dalam hal ini yang terkena adalah telapak tangan, yang memiliki kulit yang cukup tebal, maka bisa dipilih steroid poten atau superpon. Untuk kamu kemarin saya kasih yang steroid poten.”

Baca Juga: Ketergantungan Obat Dokter Kulit? Ini Penjelasannya!

“Karena ini penyakit genetik, jadi memang nggak ada obat ataupun treatment yang bisa menyembuhkan. Jadi untuk mengatasinya, dokter Dewi menyarankan saya untuk rajin menggunakan hand lotion, body lotion dan juga menghindari sabun yang memiliki SLS tinggi atau antiseptic. Penggunaan steroid ini juga nggak dipakai rutin. Kemarin dokter Dewi beneran wanti-wanti ke saya, kalau sudah mendingan dan kulit sudah mulai halus lagi langsung stop penggunaannya”

Saya ngerasa beruntung banget bisa cocok sama dokter Dewi, karena sebelumnya saya pernah ke dokter kulit khusus untuk permasalahan ini dan dokternya nggak tau ini penyakit jenis apa. Padahal dokter yang saya datangi ini, prakteknya di rumah sakit besar. Yang bikin saya tambah suka dengan dr. Dewi adalah open banget mengenai pertanyaan pasien dan penjelasan mengenai obat yang diberikan sangat jelas.

Baca juga: Eksema: Kapan Harus ke Dokter?

Nah, kamu punya permasalahan seperti ini juga? Semoga hal ini membantu ya :).