Ini Alasan Orang Tergila-Gila Sheet Mask Korea

Saya yakin banyak bahkan hampir semua beauty junkies sudah nggak asing dengan sheet mask atau masker praktis berbentuk lembaran sekali pakai.

Sheet mask ini sudah hampir satu dekade mewarnai dunia skincare khususnya Asia. Semakin kesini bukannya meredup, trend sheet mask malah semakin beragam rupa. Ada rubber mask, dry sheet mask, dan yang paling baru lagi, splash mask. Mulai dari pilihan komposisi sampai bentuk sheet mask-nya semakin bermacam-macam, sampai kadang bikin bingung milihnya.

IMG_4103640

Di 10 Step Korean Skincare Routine pun sheet mask nggak luput sebagai bagian dari rangkaiannya. Padahal kan, sheet mask itu nggak cuma ada di Korea Selatan. Jepang, Tiongkok, bahkan Indonesia juga punya produk sheet mask andalan. Terus kenapa dong, kalau bahas sheet mask pasti yang kepikiran adalah sheet mask Korea?

Pengaruh Drama Korea

Menurut saya, selain karena pilihan sheet mask Korea banyak banget, alasan lain juga karena orang Korea itu bener-bener suka banget pake sheet mask. Nah, hal ini sering banget diperlihatkan di drama atau reality show Korea yang kita tonton. Pasti pernah lihat kan, adegan cewek Korea di drama-drama lagi nempelin sheet mask ke muka?

Kalau temen-temen mungkin hanya sering ngeliatnya sebatas di drama-drama, nah, saya yang bergaul sama temen-temen Korea lihat dengan mata kepala sendiri betapa mereka memuja sheet mask ini. Bayangin aja, mereka punya pouch eksklusif khusus buat nyimpan sheet mask ini dan koleksinya pun nggak tanggung-tanggung banyaknya.

Kalau rajin, mereka bisa bener-bener rutin pake sheet mask setiap hari berturut-turut dalam 1 minggu. Bahkan yang cowok pun nggak segan-segan buat pakai sheet mask, karena katanya enak dan adem kalau muka habis terpapar panas seharian. Jadi foto brand ambassador cowok di kemasan sheet mask bukan hal yang aneh di sana, secara cowok-cowoknya juga bisa pakai sheet mask kok. :D

face_mask6_1_477AZD3

Efek Instan

Charlotte Cho, penulis buku The Little Book of Skin Care: Korean Beauty Secrets for Healthy, Glowing Skin dan co-founder situs kecantikan Korea Soko Glam mengatakan bahwa kepopuleran penggunaan sheet mask nggak hanya karena tampilannya yang fotogenik, tapi juga karena pemakainya benar-benar memberikan hasil yang cukup instan dibandingkan produk perawatan lain. Dengan sekali pakai aja, kulit yang tadinya stress akibat kurang tidur atau dipengaruhi perubahan cuaca bisa langsung kalem dan lembap.

Selain itu, sheet mask juga membantu mengunci kandungan skincare yang mereka gunakan sebelumnya sehingga nggak menguap sia-sia tapi bener-bener meresap sempurna ke dalam kulit. Kalau cuma sekedar pakai skincare, kandungannya akan gampang berevaporasi. Nah, sheet mask ini membentuk semacam barrier sehingga semua kandungannya itu bisa meresap sempurna ke kulit. Bahkan, kalau kita sudah capek dan malas banget, sheet mask ini bisa jadi penyelamat kulit yang nge-skip rangkaian skincare routine yang step-nya macam-macam itu.

Harga Terjangkau

Di Korea, kamu bisa dapatin 10 lembar sheet mask dari brand yang cukup bagus dengan harga di bawah Rp 100 ribu aja. Lumayan banget kan? Meskipun kalau masuk ke Indonesia tentu harganya bisa naik sekitar 50 sampai 100 persen. Nah, selain dijual dengan harga kompetitif, kalau kamu jalan di tempat-tempat belanja makeup di Korea, kamu bakal banyak banget ditawarin mbak-mbak SPG buat masuk toko mereka dan dikasih reward sheet mask secara cuma-cuma.

Sekali jalan, kalau tokonya ada 5 aja yang nawarin sheet mask gratis, kebayang kan kalau kekumpul jadi berapa? Bahkan, banyak toko yang sengaja bikin spot khusus buat majangin sheet mask biar pengunjung, terutama turis mancanegara, bisa bebas pilih-pilih!

Desain Kreatif

Selain karena harga dan hasilnya, saya pikir sheet mask populer di kalangan cewek (bahkan cowok Korea) karena pilihan kandungannya banyak banget dan bisa disesuaikan sama kondisi kulit kita. Selain itu packaging dan bentuk mask-nya juga makin inovatif, jadi buat yang suka selfie atau foto-foto pasti semakin hobi pakai sheet mask.

Untitled-1

To conclude, that’s why Korean people loves sheet mask so much. Sheet mask does not only provide good result but also very practical to use, affordable, and offers a wide range of products for your skin. Mau masker buat semua ada, khusus buat pipi ada, bahkan buat bibir aja juga punya, tinggal pilih. Mencarinya pun gampang, karena toko kosmetik di Korea itu bisa dibilang setia alias setiap tikungan ada, LOL.

Well, sebenarnya saya pun bisa jadi ikut tergila-gila pake sheet mask, cuma karena harganya di Indonesia jadi agak lumayan jadi terpaksa pakainya nggak bisa seintens cewek-cewek Korea kebanyakan. Produk sheet mask keluaran Indonesia juga banyak sih, cuma sayangnya banyak yang nggak cocok di kulit saya yang kering dan sensitif ini.

Meski sheet mask Korea juga kebanyakan masih nggak lepas dari pewangi atau alkohol, tapi kadarnya masih bisa ditolerir kulit saya. Saya harap nantinya akan makin banyak produsen produk kecantikan Indonesia yang tergugah untuk memproduksi sheet mask (dan produk skincare lain) untuk kulit kering sensitif dengan harga yang terjangkau. Lebih bagus lagi kalau kemasan dan bentuknya lucu-lucu :) setuju nggak?

Ada penggemar sheet mask juga di sini?