Kini Kamu Bisa Belajar Makeup sama Anpa Suha di Rumah!

Dengan buku “Makeup 911” kamu bisa belajar makeup “sama” Anpa Suha. Simak obrolan saya dengan MUA hits ini saat acara launching.

“Setelah ngajar di suatu workshop, pernah ada murid aku yang cerita dia harus naik motor tujuh jam dari rumahnya untuk bisa sampai ke tempat workshop aku. Aku ingin buku ini bisa mewakili aku di rumah,” cerita MUA Anpa Suha tentang motivasinya membuat buku. Mendengar perjuangan murid/fans-nya yang nggak mudah untuk bisa belajar makeup, ia jadi tergerak untuk meluncurkan “Makeup 911” by Anpa Suha.

Kenapa 911 dan bukan 101? Angka ini dipilih Anpa Suha karena 911 dikenal sebagai nomor telepon emergency. Dalam buku setebal 200 halaman ini, banyak tips dan trik makeup andalan Anpa Suha saat dalam kondisi darurat, seperti memakai obat tetes mata untuk mencairkan mascara yang kering, tips makeup praktis on-the-go, pakai MUFE Aqua Seal di seluruh muka agar tetap matte dan masih banyak lagi. “Makeup 911″ dibuat nggak hanya untuk kalangan MUA, makeup enthusiasts maupun newbies pun bisa mengambil ilmu makeup Anpa Suha dari sini.

Dalam pembuatan buku ini, Anpa Suha mempercayakan Tamara Geraldine dan Yakob Arfin untuk menuangkan idenya dalam kata-kata. Ternyata Tamara Geraldine merupakan klien kedua Anpa Suha when he was first starting out lho!

anpa suha

Di acara peluncuran “Makeup 911” by Anpa Suha, saya juga berkesempatan ngobrol-ngobrol sedikit dengan MUA hits ini.

Makeup-in wajah Indonesia pasti beda dengan wajah Caucasian, yang menjadi tantangan apa sih?

 Yang pasti gimana caranya makeup itu bisa bertahan lama di wajahnya. Karena kita tahu iklim Indonesia itu kan tropis ya, beda dengan negara empat musim yang dingin dan kering. Mereka nggak perlu pakai loose powder mungkin awet-awet aja. Tapi kita di Indonesia nggak boleh lupa yang namanya loose powder untuk nge-set makeup. Terus nggak perlu terlalu banyak juga pakai makeup complexion yang shimmery. Nggak usah pakai aja, nggak lama setelah makeup wajah kita pasti udah glowing lagi kok. Tapi di titik-titik tertentu nggak apa-apa. Sedikit aja di atas bibir agar kelihatan ‘sehat’.”

“Selain itu aku sering liat muridku di workshop saat contour hidung dilebarin ke cuping. Dia bilang liat dari Youtube. Aku selalu ingetin, it’s okay kalau kamu belajar dari YouTube, tapi jangan ditelan bulat-bulat. Kamu harus sesuain dengan wajah klien di Indonesia. Kalau contour di hidung yang nggak mancung kamu lebarin, hidungnya malah makin terlihat lebar dong.”

Selain itu, gimana cara Anpa Suha menanggapi klien yang ingin makeupnya bikin terlihat putih, padahal kulitnya sawo matang?

 “Wah banyak ya memang yang kayak gitu. Sebagai MUA kita memang harus ikutin keinginan klien ya, tapi kita juga harus sensitif. Makeup itu heart to heart ya. Kalau ada klien yang seperti itu, triknya berarti kita harus apply foundation ke semua bagian sampai yang sering terlewat, seperti telinga, leher, punggung, punggung tangan. Pokoknya jangan sampai ada kesalahan sekecil apapun yang bisa di-notice orang. Klien kan nggak semuanya selebritis yang akan press conference jelasin kenapa dia pingin makeup-nya bikin terlihat putih.”

Bener juga ya..

“Iya! Bahkan kalau kayak kamu yang pakai hijab pun aku akan tetep pakai foundation sampai ke leher. Bisa aja kan setelah resepsi, klien pingin istirahat, kumpul-kumpul sama keluarga dulu. Aku pingin saat hijabnya dibuka pun nggak belang antara wajah dan leher, dan klien tetap merasa cantik. Intinya jadi MUA itu harus sensitif dan jangan pelit foundation deh!

Oke deh, terima kasih ya, Anpa Suha. Congratulations once again on your book!

 “Iya.. Terima kasih juga ya udah dateng!”

 

Makin penasaran dengan tips dan trik makeup Anpa Suha lainnya? Buku “Makeup 911” by Anpa Suha seharga Rp80000,- dan bisa kamu pesan di akun Instagram @diksitee atau Whatsapp +6287719740877.