Tips Mencocokkan Eyeshadow dengan Softlense

Bingung mencocokkan eyeshadow saat menggunakan softlens warna-warni? Saya punya cara gampang untuk memilih warna yang cocok!

Sebagai pemilik mata minus, tentu saya adalah pemakai setia softlens. Walau kalau sehari-hari saya lebih suka memakai kacamata karena lebih nyaman, tapi untuk acara-acara spesial, saya selalu memakai softlens. Biasanya saya memilih softlens yang bening saja, karena saya kurang suka dengan tampilan saya saat menggunakan softlens berwarna atau bercorak. Kalau sedang memakai softlens berwarna, saat melihat cermin, rasanya saya nggak ngelihat wajah saya sendiri :D. Saya biasanya lebih suka membiarkan warna bola mata saya natural, dan memilih memainkan warna pada kelopak mata dengan menggunakan eyeshadow warna-warni.

Baca juga: Tips Makeup Untuk Pengguna Kacamata

Tapi satu bulan terakhir ini saya sedang mencoba softlens berwarna, dan ternyata asik juga. Saya tetap lebih suka dengan softlens bening sih, tapi menurut saya asik juga sesekali mengganti warna bola mata. Sama seperti saat kita memadupadankan warna outfit yang kita pakai, saya juga harus mix and match softlens dengan warna makeup yang akan saya pakai, terutama eyeshadow saya.

Kalau softlens yang saya pakai warnanya netral seperti cokelat atau abu-abu, tentunya akan lebih mudah memilih warna eyeshadow, karena warna netral cocok dipadukan dengan warna apa saja. Tapi bagaimana bila softlens yang sedang saya pakai lumayan berwarna, seperti hijau, biru, kuning, atau pink?

Cara paling gampang adalah dengan memilih eyeshadow warna netral. Tapi bila bosan dengan eyeshadow warna netral dan ingin makeup yang lebih berwarna, saya memiliki dua cara memilih warna eyeshadow berdasarkan warna softlens yang sedang saya pakai. Cara memilihnya tergantung dari look seperti apa yang ingin saya tampilkan.

pilih warna eyeshadow dari softlense (3)

color wheel

Bila ingin penampilan terlihat lebih lembut, dengan warna softlens yang menyatu dengan keseluruhan warna makeup, saya memilih warna eyeshadow yang senada dengan softlens, atau warna analog dari softlens yang sedang saya gunakan. Warna analog ini maksudnya adalah warna-warna yang letaknya bersebelahan pada diagram warna di atas. Tapi bila ingin mata terlihat lebih tajam dengan warna softlens yang menyala, saya memilih warna eyeshadow yang merupakan warna komplementer dari softlens yang saya pakai, atau warna yang letaknya bersebrangan dengan warna softlens saya.

Dengan saya meletakkan gambar color wheel di atas, bukan berarti setiap akan memakai makeup kita harus melihat diagram warna tersebut ya :D. Diagram tersebut saya cantumkan untuk mempermudah saja. Biasanya kalau sudah sering melakukan makeup, kita akan otomatis tahu kok warna-warna analog dan komplementer. Misalnya untuk bekas jerawat berwarna kemerahan, pasti secara otomatis kita akan memilih corector warna hijau untuk menyamarkannya, karena hijau adalah warna komplementer dari merah.

Baca juga: 3 Eyeshadow Palette Warna-Warni Lokal

Sebagai contoh, saat ini saya sedang menggunakan softlens berwarna hijau kekuningan. Untuk menghasilkan look yang lebih natural, saya memilih palette eyeshadow dengan warna senada. Saya menggunakan warna-warna hijau, kuning, dan emas untuk eye makeup saya.

pilih warna eyeshadow dari softlense (2)

Dengan memilih warna-warna yang senada dengan warna hijau kekuningan sebagai warna eyeshadow, look yang dihasilkan akan terlihat lebih lembut, dan warna softlens yang saya pakai juga terlihat lebih menyatu dengan keseluruhan makeup saya. Pemilihan warna seperti ini cocok untuk daily atau untuk acara di siang hari. Tapi bila ingin menggunakan untuk acara yang lebih formal, saya rasa juga cocok. Kalau kamu suka dengan look yang nggak terlalu menarik perhatian, pemilihan warna ini bisa dicoba.

Sedangkan bila saya ingin lebih menonjolkan warna softlens yang saya pakai, saya memilih warna yang bersebrangan dengan warna softlens saya. Warna yang bersebrangan dengan warna hijau kekuningan adalah warna violet atau ungu dengan warm tone.

pilih warna eyeshadow dari softlense (1)

Warna violet di sekeliling mata akan membuat warna hijau keningan softlens saya terlihat kontras dan lebih menyala. Pemilihan warna ini saya rasa lebih cocok digunakan untuk acara-acara yang lebih formal dan di waktu malam. Look ini bisa dipilih bila kamu suka dengan penampilan yang dramatis.

Trik ini bisa diaplikasikan untuk berbagai warna softlens. Misalkan kita sedang memakai softlens biru, kita bisa membuat warna mata kita lebih tajam dan dramatis dengan memilih eyeshadow warna kuning dan oranye. Atau bila softlens yang kita pakai berwarna pink, kita bisa lebih menonjolkan warnanya dengan eyeshadow berwarna hijau.

Selamat mencoba ;).