Tips Supaya Concealer Jerawat Nggak Cepat Pudar

Yang punya jerawat pasti pernah ngerasain kalau sudah pake concealer dan foundation pada area jerawat, dua-tiga jam kemudian mulai memudar dan jerawat kembali kelihatan. Nah, kali ini saya punya tips supaya concealer awet dan nggak pudar seharian. 

Hal ini sering banget saya alami kalau lagi ada jerawat yang membengkak. Mau dipakaikan concealer setebal apapun, pasti setelah beberapa jam akan mulai hilang. Memang sih, kalau jerawat bengkak mau ditutupi seperti apapun nggak akan hilang sempurna secara bentuknya menonjol, tapi setidaknya kalau ditutupi concealer, warna bengkak merah-kecokelatannya akan tertutup dan terlihat lebih mendingan.

Nah, kemari saya iseng nyobain trik baru untuk bikin concealer di jerawat lebih awet. Gimana caranya? Berikut mini tutorial-nya.

Concealer Jerawat -2Primer 

As always, kalau mau makeup lebih awet dan nempel jangan lupa pakai face primer. Kali ini face primer yang saya pakai adalah Monistat Complete Care Chafing Relief Powder Gel. Menggunakan primer-nya nggak usah banyak-banyak cukup sedikit dan diratakan secara perlahan pada area jerawat.

Concealer Jerawat -8

Heavy Duty Concealer
Selanjutnya untuk menutupi jerawat, saya memilih concealer yang teksturnya padat dan yang memang memiliki coverage yang penuh. Untuk produknya saya menggunakan MAKE UP FOR EVER Full Concealer. Supaya hasilnya maksimal, saya lebih memilih mengaplikasikannya dengan jari dan ditepuk secara perlahan atau kamu bisa juga menggunakan concealer brush. Oh ya, untuk menutupi jerawat bengkak dan memberikan ilusi flat, kamu bisa menggunakan concealer satu hingga dua tone lebih gelap dari warna asli kulit kamu.

Concealer Jerawat -4

Set it With Powder 
Nah, sudah tertutup dengan sempurna? Sekarang waktunya set concealer tadi dengan loose powder. Untuk produknya kali ini yang saya gunakan adalah RCMA No Color Powder, tapi kamu bisa kok pakai loose powder lain. Yang penting loose powder ini harus translucent, ya. Penggunaan loose powder ini juga tipis dan ditepuk-tepuk saja, so no baking! Karena baking bakalan bikin area jerawat makin kering dan mempertegas dry patches! 

Baca Juga : 3 Bedak Tabur Translucent Bagus Wajib Coba

Concealer Jerawat -5

A Thin Layer of Foundation
Tenang aja, tahapan ini nggak akan bikin concealer yang tadi sudah diaplikasikan akan pudar atau malah jadi cakey kok. Jadi kuncinya supaya nggak geser aplikasikan foundation-nya ditepuk-tepuk dengan perlahan. Kamu bisa menggunakan brush atau beauty blender kok untuk tahapan ini. Nah, supaya nggak cakey gunakan foundation secukupnya nggak usah terlalu tebal, karena kan concealer tadi sudah full coverage juga.

Baca Juga : Rekomendasi Foundation dari SpkK

Concealer Jerawat -6

Add another concealer if necessary  
Kalau kamu masih merasa rona merah atau gelap masih terlihat, kamu bisa menambahkan satu layer concealer lagi. Tapi jangan pakai concealer yang pertama tadi, saya lebih menyarankan concealer yang teksturnya lebih cair seperti Maybelline Fit Me Concealer.

Concealer Jerawat -9

Last Step 
Terakhir banget untuk mastiin semua makeup udah set dengan baik dan awet seharian, saya menambahakan lagi satu layer bedak tipis pada seluruh wajah. Bedak yang saya gunakan kali ini adalah L’Oreal Infalible Pro-Matte Powder.

Selamat mencoba!