Lipstick Matte untuk Bibir Kering Sensitif

Siapa di sini yang masih belum bosan sama lipstick matte

Saya jelas masuk tim hore yang belum bosan sama tipe lipstick yang satu ini. Bahkan sekarang klub lipstick matte ketambahan personil baru, yaitu lipstick matte metalik. Sayangnya trend lipstick matte ini agak-agak susah diikuti buat lip junkies dengan bibir super kering dan sensitif kayak saya. Salah pilih lipstick, buntutnya bibir bisa kering akut sampai retak dan berdarah, bahkan terasa perih plus gatal. Hiks!

Untungnya setelah trial and error berkali-kali, saya menemukan teknik simpel yang bisa membantu kaum bibir kering ini untuk tetap eksis dengan lipstick matte yang kece.

female daily 1

Eksfoliasi Bibir dengan Bahan Lembut

Kayaknya pasti udah pada bosan ya sama tips yang satu ini? Sayangnya, eksfoliator yang disarankan kebanyakan masih terlalu ”kasar” buat bibir sensitif. Misalnya eksfoliator dengan bahan gula dan olive oil atau madu. Bagi sebagian orang mungkin nggak masalah ya dengan bahan-bahan tersebut. Tapi bibir saya nggak kuat karena gula masih suka bikin bibir saya perih (hiks). Madu juga kadang nggak bisa ditoleransi sama sebagian orang yang kulitnya alergi sama madu jenis apapun.

Solusinya? OATMEAL! Yup, bahan makanan yang super gampang ditemukan di supermarket ini adalah eksfoliator paling aman buat bibir sensitif dan kering kayak saya. Caranya mudah, oatmeal tinggal dilarutkan sedikit dengan air hangat lalu diaduk sampai lembut dan menyerupai pasta. Kemudian ambil sedikit-sedikit dan gosok perlahan di bibir. Diamkan beberapa saat lalu bilas deh! Bisa dilakukan tiap hari tanpa khawatir bibir jadi lecet atau iritasi.

Istirahatkan Bibirmu

Sekali-kali boleh dong bibir kamu istirahat dari lipstick matte. Kalau tiap hari lipstick-nya matte melulu, ya apapun triknya bibir kamu bakal susah buat selamat. Makanya dalam seminggu biasanya saya juga selingin pake lipstick yang satin finish, atau lip tint, biar bibir bisa ‘’liburan’’ dari tekstur lipstik matte yang drying.

Pilah-Pilih Lipstick Matte

Buat bibir kering sensitif, usahakan jangan memaksakan diri pakai lipstick dengan klaim super-duper long wearing. Soalnya yang formulanya super cetar begitu biasanya jatuhnya kering banget di bibir. Saya pribadi sih nggak masalah kalau harus re-apply lipstick, atau kalau lipstick matte saya transfer sedikit. Kita bisa kok menilai lipstick matte itu jodoh sama kita atau nggak dari awal pemakaian. Lipstick yang bakal menyiksa bibir kering sensitif itu biasanya seret di bibir, menggumpal dan kadang terasa nyelekit.

 5 Liquid Matte Lipstick dengan Tekstur yang Nyaman di Bibir dan Tahan Lama

FYI, produk lokal lumayan banyak kok yang ramah bibir kering. Bahkan ada yang harganya sangat terjangkau. Selain rajin eksperimen sendiri, jangan lupa baca review di Female Daily ya biar banyak referensi.

Pilih Lip Remover yang Pas

Last but not least, pastikan lipstick remover-mu nggak terlalu harsh. Biasanya saya menggunakan remover yang oil based untuk menghindari bibir saya makin kering karena alkohol pasca pemakaian lipstick matte. Bersihkan dengan lembut sampai tidak ada residu yang tersisa.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Lipstick