Cara Mengatasi Jerawat Tanpa ke Dokter

Meskipun jadi pilihan aman, tetapi pergi ke dokter kulit memang butuh budget dan konsistensi ekstra. Kalau kamu mau mengatasi jerawat tapi nggak mau konsul ke dokter, coba lakukan 3 hal ini dulu di rumah.

DSCF7664

1. Pilih Cleanser yang Bagus

Salah satu cara terampuh mencegah jerawat muncul adalah menjaga kulit selalu bersih. Bukan berarti cuci muka setiap sejam sekali, tapi seenggaknya pembersih yang dipakai bisa mengangkat makeup dan kotoran dengan maksimal. Pasti sudah sering dengar mantra “percuma pake skincare, mahal-mahal kalo ngebersihin muka aja belum bener”, kan?

Pilih pembersih yang daya angkatnya kuat seperti cleansing milk, cleansing balm, atau cleansing oil lalu lanjut ke face wash yang gentle. Untuk memastikan sudah benar-benar bersih, boleh usap lagi wajah dengan kapas dan micellar water sampai nggak ada sisa kotoran lagi di kapas. Call me paranoid, tapi untuk kulit yang gampang berjerawat, makeup yang nggak bersih atau sisa kotoran bisa banget menyumbat pori-pori dan memicu jerawat baru.

2. Dedikasikan Waktu untuk Satu Produk Khusus

Mungkin kamu sudah bingung dengan banyaknya rekomendasi produk penghilang jerawat. Serum dengan bahan A, toner dengan bahan B, belum lagi obat totol dan sejenisnya. Tentu semuanya cocok-cocokan, tapi saran saya, buat yang masalah jerawatnya serius dan mau invest ke produk over the counter: just stick to one product with one active ingredient

Misalnya nih, kalau pake toner BHA ya BHA aja, AHA ya AHA saja, atau retinol aja. Jangan mencampur adukkan semua bahan aktif, karena selain bisa bikin kulit iritasi, akan susah juga untuk kamu menentukan produk mana yang bekerja. Beri waktu kulit kira-kira dua sampai tiga bulan untuk melihat efeknya (tapi stop kalau sudah ada tanda-tanda berikut!) dan kalau memang nggak ada hasil signifikan, baru boleh pindah ke produk lainnya.

Baca juga: Ini Cara Saya Bebas dari Jerawat Setelah 9 Tahun

3. Diet

Win some and lose some! Apa yang kamu makan juga berperan besar ke kondisi kulit. Saya sendiri ngerasa banget kulit jadi gampang jerawatan kalau lagi banyak makan keju-kejuan atau makanan manis. Keju sih, terutama. Beda banget waktu seminggu penuh saya rajin makan buah, minum jus, nyempetin makan sayur siang-malam, dan ngurangin banget dairy intake. Kulit bersih tanpa jerawat aktif sama sekali! At least nih, kalau memang kamu nggak mau mengeluarkan budget ekstra untuk konsul ke dokter, seenggaknya alokasikan sebagian budget untuk nyempetin beli buah atau fresh juice beberapa kali seminggu.

Terus, kalau udah melakukan semua hal di atas tapi jerawat nggak sembuh-sembuh gimana? Kalau sudah tahap ini sih menurut saya baiknya memang konsul ke dokter. Terutama kalau jerawat kamu sifatnya hormonal seperti saya. Banyak baca-baca forum FD, gali info sebanyak-banyaknya, dan jangan belum apa-apa sudah takut ketergantungan obat dokter karena semua ada alasannya. Remember, every acne cases are different so what works for your friend might not work for you. Itulah gunanya mengenali jenis kulit kita dan teliti dalam menentukan treatment yang cocok.