Mencegah Rambut Rusak Karena Berenang

Yang sering berenang, pasti tahu rasanya rambut rapuh, kaku, dan kering setelah usai berenang. Ternyata ada lho cara untuk mencegah rambut rusak karena berenang!

Ada banyak hal yang bisa membuat rambut rusak dan kering. Di antaranya adalah debu, polusi, sinar matahari, alat-alat styling rambut yang menggunakan pemanas, dan juga bahan-bahan kimia untuk mempercantik rambut. Berenang juga ternyata merupakan salah satu aktivitas yang rentan bikin rambut kering dan rusak. Hal itu disebabkan karena klorin dan zat-zat lain yang biasanya terkandung dalam air pada kolam renang. Apalagi kalau kita suka berenang siang-siang, dan rambut terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

Saya sendiri seringkali mengalami rambut saya kaku, terasa kering dan sangat kusut usai berenang. Rambut saya juga warnanya nggak pernah bisa hitam legam, apalagi kalau saya sedang rajin-rajinnya berenang. Tapi bukan berarti bahwa aktifitas berenang itu buruk dan harus dihindari ya. Berenang adalah aktifitas yang menyehatkan dan sangat menyenangkan. Hanya saja, kalau rajin berenang, memang butuh perawatan dan perlindungan ekstra untuk rambut.

rambut renang (1)

Saya sendiri memilih untuk membiarkan warna dan tekstur alami rambut saya, tanpa sentuhan pewarna, bleaching, ataupun permanen perm, sebagai salah satu bentuk perawatan rambut saya. Selain nggak sehat untuk rambut, hal tersebut juga kurang cocok untuk yang suka sekali berenang. Percuma kan rambut sudah diwarnai mahal-mahal tapi nggak awet, karena sering berenang akan membuat cat rambut cepat pudar.

Sebelum berenang, saya mengaplikasikan hair serum atau hair oil ke seluruh batang rambut. Fungsinya adalah untuk melindungi dan melembutkan rambut. Bukan hanya kulit saja yang perlu dilindungi dengan sunscreen saat berenang, rambut pun juga harus dilindungi. Setelah memakai hair serum atau hair oil, jangan langsung nyebur ke kolam ya, tapi diamkan beberapa menit agar serum-nya meresap ke batang rambut. Sambil menunggu, kita bisa melakukan pemanasan dulu. Sebenarnya akan lebih bagus lagi kalau kita memakai topi pelindung rambut saat berenang sih, tapi saya sendiri kurang suka.

Baca juga: 3 Rekomendasi Vitamin Rambut Bagus

Saat berenang, biarkan rambut bebas terurai. Jangan diikat, apalagi diikat dengan karet yang terlalu kencang, karena hal tersebut bisa membuat rambut patah. Selain itu saat membuka ikatannya, juga pasti akan banyak sekali rambut yang rontok. Rambut dalam keadaan basah memang rapuh dan mudah sekali rontok. Jadi sebaiknya hindari mengikat dan menarik rambut saat masih basah.

Tips selanjutnya adalah segera cuci rambut dengan menggunakan sampo dan kondisioner setelah selesai berenang. Jangan malas dan jangan ditunda. Saya dulu sering sekali malas membawa sampo dan kondisioner saat berenang. Saya hanya membilas saja dengan air bersih di tempat berenang, dan baru kemudian mandi dan mencuci rambut dengan bersih saat sudah tiba di rumah. Tapi ternyata itu merupakan kebiasaan yang buruk. Karena semakin lama kita membiarkan zat-zat dalam air kolam renang menempel di rambut dan kulit kepala tanpa dibersihkan dengan air bersih dan sampo, semakin besar juga potensi kerusakan rambut. Sedangkan pemakaian kondisioner akan membantu mengembalikan kelembapan rambut, sehingga rambut tidak kaku seusai berenang.

rambut renang (2)

Setelah dicuci bersih, keringkan rambut dengan handuk lembut, dengan cara ditekan-tekan. Jangan menggesek-gesekan handuk pada kepala, karena akan membuat rambut pecah-pecah dan rontok. Setelah itu, oleskan kembali hair serum atau hair oil yang tadi digunakan, untuk menambah kelembapan rambut, dan biarkan rambut mengering secara alami. Hindari menggunakan alat styling yang panas, kecuali sangat terpaksa, seperti misalnya mau kondangan setelah berenang. Tapi kalau mau kondangan, berenangnya bisa kan ya ditunda dulu :D

Untuk menyisir rambut yang masih basah, gunakan sisir khusus yang memang dirancang untuk rambut basah seperti The Wet BrushTangle Teezer, atau Tammia Wonder Detangling Brush . Rambut basah sehabis berenang biasanya sangat kusut dan mudah rontok. Memakai sisir khusus tersebut sangat membantu mengurai rambut kusut tanpa terasa sakit dan meminimalisir rambut rontok karena tertarik oleh sisir. Awalnya saya juga nggak percaya bahwa pemilihan sisir bisa bikin rambut rontok saya berkurang. Tapi setelah mencoba sendiri, ternyata memang benar lho!

Baca juga: Rekomendasi Sisir Anti Kusut Untuk Berbagai Jenis Rambut Dalam Keadaan Basah

Selain melakukan perlindungan dan pembersihan menyeluruh pada saat berenang, rajin-rajinlah juga melakukan perawatan rambut seperti hair mask atau creambath. Rutin mengkonsumsi ikan salmon dan sayuran hijau, juga sangat membantu menyehatkan rambut.

Jadi, jangan takut rambut rusak karena terlalu sering berenang ya.