Cara Membersihkan Bulu Mata Palsu Agar Awet

Yang belum terbiasa membersihkan bulu mata palsu, pasti masih suka sekali pakai-buang nih. Bisa ikuti cara berikut supa bulu mata palsu kamu lebih awet.

Di setiap box kemasan bulu mata palsu (kecuali kamu beli yang unbranded dalam jumlah banyak), sebenarnya hampir selalu ada tulisan reusable, ya. Tapi saya yakin, pasti masih banyak yang sekali pakai bulu mata palsu, langsung dibuang! Termasuk saya sendiri sih, awal-awal pakai bulu mata palsu untuk acara khusus atau syuting video. Padahal, kalau dirawat dengan benar, falsies bisa dipakai berulang-ulang.

Beauty vlogger Raye Boyce/ @ItsMyRayeRaye bahkan telaten banget ngerawat koleksi bulu mata palsu dia (yang harganya pasti mahal) sehingga bisa tahan sampai tiga bulan! Kuncinya adalah, rajin dibersihkan. Temen-temen bisa ikutin step-step membersihkan bulu mata palsu yang saya lakukan berikut:

membersihkan-lem-bulu-mata-2

-Isi piring kecil (jangan ceper-ceper, tapi nggak usah sedalam mangkuk juga) dengan air panas, dan satu-dua tetes sabun cuci piring. Aduk sedikit.

-Masukkan bulu mata palsu yang habis kamu pakai ke dalam piring tadi. Diamkan kira-kira selama lima menit. Proses ini untuk melunakkan sisa lem bulu mata di lash band.

-The real cleaning part begins here! Ambil pinset, lalu bersihkan sisa lem bulu mata di falsies. Hati-hati,jangan sampai yang kamu tarik adalah jahitan lash band-nya.

membersihkan-lem-bulu-mata-3

-Setelah selesai semua sisa lem terangkat, pasang lagi bulu mata ke wadahnya. Ini untuk menjaga bentuk bulu mata tetap melengkung.

Kalau kamu tipe yang apply another coat of mascara setelah falsies dipasang, ada baiknya sebelum melakukan step ini, kamu bersihkan dulu area bulu falsies dengan eye makeup remover. Tips tambahan, setelah selesai membersihkan falsies, bersihkan juga ujung pinset dari gumpalan lem. Pernah saya lupa step ini, dan pas mau pasang falsies dengan pinset, falsies-nya malah nggak mau nempel ke lashline karena nyangkut di pinset. Jadilah kelopak mata saya malah belepotan lem dari bulu mata yang ngacir!

Baca juga: 4 Bulu Mata Palsu Natural Merek Lokal

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya. Untuk lihat tips lain semacam ini, klik tag How To di bawah!