Trik Makeup Mata Asimetris dari MUA

Pemilik mata asimetris kadang kesulitan untuk membuat makeup mata sempurna. MUA dari L’Oreal Indonesia mengajari saya trik layak coba.

Jumat kemarin, saya berkesempatan untuk didandani oleh Mbak Depi, MUA dari L’Oreal Indonesia di SOGO Kota Kasablanka. Selain untuk mengenalkan produk L’Oreal Infallible yang sudah masuk di Indonesia, saya juga diberi tips dan trik untuk menggunakan makeup, langsung dari MUA-nya!

L'Oreal Infallible Body

Sebelum di-makeup, kulit saya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cleansing milk dan micellar water dari L’Oreal. Lalu, wajah saya dibubuhi primer, lalu di-spray dengan L’Oreal Infallible Pro Spray & Set Makeup Extender Setting Spray. Selama aplikasi makeup, wajah saya disemprot setting spray sebanyak tiga kali oleh Mbak Depi: setelah pemakaian primer, setelah pemakaian foundation, dan setelah makeup selesai. Katanya, penyemprotan setting spray di tiga tahap makeup ini cukup crucial, karena dapat memperpanjang staying power makeup di wajah kita. Setelah wajah saya ”siap”, Mbak Depi mulai mengaplikasikan L’Oreal Infallible 24H Stay Fresh Liquid Foundation warna Honey untuk perimeter luar wajah dan warna Sand untuk bagian dalam wajah.

L'Oreal Infallible Body 1

Kalau kamu follow Instagram saya, kamu pasti sudah tau first impression saya terhadap foundation ini. Kalau bisa dibandingkan dengan L’Oreal Infallible Pro-Matte keluaran Amerika, L’Oreal Infallible 24H Stay Fresh ini lebih ringan, rasanya seperti nggak pakai makeup sama sekali. Beda banget sama Pro-Matte yang kadang terasa cakey dan berat. Coverage-nya oke, nggak perlu pakai concealer lagi. Katanya sih, produk ini memberi kelembaban sampai 10 jam, jadi nggak akan cracking atau kering. Setelah itu, saya dibubuhi L’Oreal Infallible Pro Contour Palette yang deep, menggunakan brush bawaannya, dan wajah saya di-set dengan bedak padat L’Oreal Infallible Pro-Matte 16HR Powder shade Golden Beige.

L'Oreal Infallible Body 2

Nah, datang juga waktu yang ditunggu-tunggu: makeup mata! Mata saya tuh kiri dan kanan nggak sama ukurannya (lihat foto bare face saya di post ini). Hal ini yang membuat saya jarang banget pakai makeup mata, karena hasilnya pasti asimetris. Pas saya minta tips ke Mbak Depi, ia menyarankan saya untuk membubuhi eyeliner warna gelap, tapi hanya di mata saya yang ukurannya lebih kecil. Yup! Hanya di mata yang menurut kamu butuh koreksi! Ketebalannya bervariasi, sesuai dengan perbedaan ukuran mata kamu. Berhubung crease saya juga kedalamannya berbeda, Mbak Depi juga menyarankan untuk mengaplikasikan eyeshadow abu-abu yang matte untuk men-define crease di mata saya yang lebih ”kubil”, hahaha. Setelah kedua mata dikoreksi dan disamakan, lanjutkan teknik pengaplikasikan eyeshadow seperti biasa. Hasilnya?

L'Oreal Infallible Body 5

Mata saya terlihat sama! Smokey eye-nya terlihat seimbang, dari mata kiri dan kanan. Setelah pemakaian eyeshadow, wajah saya diberi blush dan di-dust dengan illuminating setting powder. Setelah itu? Makeup bibir! Pertama, bibir saya di-contour dengan L’Oreal Paris Infallible Lip Liner warna Nude dan Rose, lalu dipulas L’Oreal Paris Infallible 2 Step warna Everlasting Caramel.

L'Oreal Infallible Bodyyy

Ini finished look-nya! Untuk ketahanannya, makeup ini sukses bertahan di wajah saya selama lima jam sebelum jadi super oily di T-zone. Nggak sampai 24 Jam sih, but who really uses makeup for 24 hours? Jangan lupa kalau kulit saya super berminyak, jadi kalau kulit kamu masih cenderung normal-berminyak biasa, jelas akan lebih tahan lama di kulit kamu. Menurut saya, produk yang paling worthy untuk dicoba adalah foundation dan setting spray-nya. Kalau disuruh salah satu, go with the setting spray! Menurut saya, setting spray-nya sih yang bisa bikin makeup saya sempurna selama lima jam.

Baca juga: Steal or Splurge: Setting Spray Urban Decay atau L’Oreal Infallible