Efek Minum Jamu Kunyit Asem Selama Seminggu

Ada yang suka minum jamu? Seminggu ini saya mencoba jamu kunyit asem dan ini efeknya pada kulit.

Sejak kecil, saya sudah dibiasakan minum jamu oleh ibu saya. Kalau dulu kecil saya minumnya jamu beras kencur yang biasa dibawa oleh ibu-ibu, atau dikenal sebagai jamu gendong. Sejujurnya, dulu saya rela  minum jamu dengan rasa aneh karena pingin minum air gula merahnya, soalnya manis dan enak, hehe.

Beranjak dewasa, mbok jamu gendong semakin jarang saya temukan, jadi hampir sepuluh tahun saya nggak ngerasain minum jamu lagi. Ya, walaupun ada jamu instan, tapi saya lebih memilih minum jamu home made yang dibawa oleh mbok jamu. Soalnya rasanya lebih enak dan rasa kunyit asemnya lebih terasa dibandingkan dengan jamu instan.

Belakangan ini, ibu saya mulai mencoba bikin jamu kunyit asem ini sendiri di rumah. Karena pembuatannya yang mudah, jadi supply jamu di rumah saya selalu ada terus! Apa sih yang bikin saya mau banget minum jamu sekarang? Saya mencari substitute minuman manis yang lebih baik untuk tubuh. Jadi minum jamu untuk menggantikan teh dan kopi manis, bukan masalah buat saya. Intinya saya mau minum manis sebanyak-banyaknya tanpa perlu ngerasa dosa sama badan.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Kunyit

kunyit-asem-kulit-1
Image: Ridgeside

Turns out, kunyit itu mengandung vitamin c yang berfungsi untuk membuat wajah terlihat lebih halus dan cerah. Nggak heran kulit saya kondisinya membaik seminggu ini, terutama pada masalah jerawat yang jadi lebih cepat kempes. Another bonus dari rajin mengkonsumsi jamu kuyit asem adalah bisa menjaga produksi kolagen dan minyak alami yang terdapat di bawah kulit sehingga kulit selalu terlihat segar, dan lembap.

Kunyit juga berfungsi sebagai anti radang, anti bakteri anti inflamasi. Makanya selain baik untuk kulit, kunyit juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena bisa mendetoks racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Jadi selain menjaga kulit dari luar dengan menggunakan tahapan skincare yang benar, nggak ada salahnya kita juga mengkonsumsi minuman atau vitamin untuk memperbaiki kondisi kulit dari dalam.