Vaksin untuk Jerawat?

Tahu nggak kalau sejumlah ilmuan lagi merintis vaksin untuk jerawat! Will this be the answer to our prayers?

Sebagai salah satu orang yang struggling with adult acne for the last four years, saya udah “kenyang” dengan imbas dari jerawat. Nggak hanya efeknya ke kulit wajah saya in particular, tapi juga efek capek hati kalau dikomentarin “seumur kamu bukannya harusnya udah nggak jerawatan ya?” atau “makanya rajin-rajin cuci muka”, seolah-olah saya nggak melakukan apa-apa buat merawat kulit*cue eye roll*.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Kalau kamu menghadapi problem yang sama dengan saya dan jutaan orang lainnya di dunia, we better cross our fingers karena dilansir dari Allurescientist dari University of California San Diego (UCSD) sedang berusaha memformulasi vaksin untuk jerawat. Yup, you heard that right! 

Seperti yang udah kita tahu, salah satu penyebab tumbuhnya jerawat di kulit adalah bakteri P. acnesThe thing is, P. acnes memang akan selalu ada di tubuh kita seumur hidup. Untuk beberapa orang, bakteri ini memang bisa menggangu sistem imun dan membuat kulit meradang. But for some fortunate ones, bakteri ini nggak punya pengaruh buruk.

Kalau bakteri lain udah ada vaksinnya, kenapa bakteri P. acnes ini belum ada? Alasannya karena menurut Eric C. Huang, project’s lead researcher, sebenarnya bakteri ini somehow baik untuk tubuh. Jadi, memang nggak bisa dibasmi total dengan vaksin khusus P. acnes.

Vaksin yang sedang diformulasi tim ilmuwan UCSD ini merupakan antibody untuk menangkal protein beracun yang diproduksi bakteri P. acnes di kulit. Jadi bakteri P.acnes nggak menyebabkan jerawat solely for existing. Sebenarnya protein ini lah yang membuat kulit meradang dan kemudian timbul jerawat.

Not to be a kill joy, tapi setelah tahap formulasi dan tes ke jaringan kulit berjerawat, masih ada tahap clinical trials langsung ke kulit wajah berjerawat, yang berarti.. vaksin ini masih butuh beberapa tahun untuk bisa kita rasakan manfaatnya :( In the mean time, kita sama-sama berdoa aja semoga vaksin ini bisa segera di-finalize dan benar-benar bisa jadi akhir dari penderitaan ini hehehe.