4 Masker Rambut Alami yang Terbukti Ampuh

Perawatan creambath atau hair mask nggak harus dilakukan di salon. Resep masker alami berikut terbukti ampuh atasi rambut kering sampai ketombe saya. 

Saya bukan orang yang suka membuat DIY skincare untuk kulit wajah maupun tubuh, alasannya karena malas ribet. Saya lebih suka memakai produk-produk yang ada di pasaran saja untuk perawatan kulit. Tapi untuk rambut, lain cerita. Secara berkala, saya suka melakukan hair mask sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Alasan saya lebih suka menggunakan bahan-bahan alami sih karena buat saya produk masker rambut yang ada di pasaran itu, nggak terlalu terasa efeknya untuk rambut saya. Saya bahkan nggak bisa membedakan rasanya setelah memakai produk conditioner dengan produk hair mask. Lalu saat saya mengalami masalah ketombe, ternyata juga masker rambut alamilah yang mampu mengatasinya.

Nah, berikut adalah berbagai bahan alami yang biasa saya gunakan untuk hair mask. Tinggal pilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut saat ajan melakukan perawatan:

cats

Image: berbagai sumber

1. Alpukat dan Olive Oil untuk Rambut Kering

Masker ini adalah favorit saya, karena jenis rambut saya memang kering. Selain itu saya juga suka sekali buah alpukat, jadi buah ini sering tersedia di rumah. Setelah menggunakan masker ini, rambut saya terasa sangat lembut dan shinny.

Cara memakainya:
– Hancurkan satu buah alpukat dalam mangkok kecil.
– Tambahkan setengah cangkir minyak zaitun (saya biasanya memakai extra virgin olive oil), lalu aduk sampai rata.
– Oleskan masker pada rambut yang setengah basah, lalu diamkan sekitar 15-30 menit
– Setelah itu, cuci rambut sampai bersih dan biarkan kering alami.

2. Lemon dan Coconut Oil untuk Ketombe

Saya pernah mengalami masalah ketombe. Nggak parah-parah banget sih, cuma mengganggu saja karena rasa gatalnya terus menerus datang. Kalau memakai sampo khusus yang diformulasikan untuk rambut berketombe, rambut saya jadi kering. Efek sampo anti ketombe tersebut juga nggak bertahan lama sih.

Baca juga: DIY Skincare Korea Ala Song Hye Kyo

Akhirnya saya coba hair mask dengan bahan alami ini. Tadinya saya hanya menggunakan lemon saja, tapi ternyata rasanya perih di kulit kepala. Lalu saya mencoba mencampur dengan virgin coconut oil, dan berhasil menghilangkan ketombe tanpa membuat kulit kepala perih. Selain melembapkan, minyak kelapa memang dikenal mempunyai sifat anti jamur yang kuat.

Cara memakainya:
– Peras lemon dan tampung airnya dalam satu mangkuk kecil.
– Tambahkan beberapa sendok makan VCO, lalu aduk hingga campuran merata.
– Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, dan diamkan 15-30 menit.
– Setelah itu, cuci rambut sampai bersih dan biarkan kering alami.

3. Teh Hijau untuk Rambut Berminyak

Teh hijau, selain membantu mengatasi kelebihan lemak pada tubuh, juga bisa mengatasi rambut berminyak lho! Dan caranya cukup mudah:
– Seduh daun teh hijau dengan air panas, saring dan ambil airnya.
– Keramas seperti biasa.
– Gunakan air teh hijau pada bilasan terakhir, jangan dibilas lagi.

4. Lidah buaya untuk Penyubur Rambut

Yang ini klasik banget ya, karena dari kecil, rambut saya sudah dikasih perawatan dengan masker rambut alami lidah buaya. Teman-teman saya juga banyak yang mengalami rambutnya dimasker dengan lidah buaya saat masih kecil, dan sekarang menerapkan hal yang sama untuk anak-anak mereka. Lidah buaya ini dipercaya membuat rambut lebih sehat dan tumbuh dengan lebat.

Cara memakainya:
– Potong satu batang lidah buaya, dan ambil daging bagian dalamnya.
– Taruh daging lidah buaya tersebut di mangkuk dan hancurkan dengan menggunakan sendok.
– Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan 15-30 menit.
– Setelah itu, cuci rambut sampai bersih dan biarkan kering alami.

Sebenarnya masih ada banyak sekali resep-resep hair mask tradisional yang bisa digunakan, misalnya minyak kemiri, seledri, susu, telur, madu, dan yoghurt. Tapi saya memang paling sering hanya menggunakan empat bahan di atas, karena ketersediaan bahan, kepraktisan, dan juga saya kurang suka aroma dan rasa lengket bahan-bahan yang lain.