Perbandingan Contour Kit Rp 500 Ribu dan Rp 100 Ribu

Perlu nggak sih mengeluarkan uang lebih untuk produk contour kit? Sebelum memutuskan untuk membeli, baca dulu perbandingan produk contour kit harga 500 ribu-an dengan contour kit harga 100 ribu-an ini ya.

Kalau sedang makeup lengkap dengan full coverage foundation, saya nggak pernah lupa mengaplikasikan contouring dan highlighting. Selain karena fitur wajah saya yang memang bulat dan cubhy, full coverage foundation juga membuat wajah saya tampak flat dan tidak berdimensi. Kalau nggak di contour, hasilnya malah kelihatan nggak natural.

Biar praktis saya biasanya pakai contour kit aja, yang dalam satu kemasan sudah tersedia produk contour, bronzer, dan highlighter. Jadi nggak perlu buka-buka banyak kemasan makeup saat berdandan. Produk contour kit andalan saya adalah Anastasia Beverly Hils Contour Kit. Tapi beberapa bulan yang lalu, saya membeli City Color Contour Palette On-The-Go yang harganya lebih terjangkau.

ABH vs City Color Contour Kit (3)

Sebelumnya, saya perlu mengaku bahwa saya nggak begitu mahir melakukan contouring. Makanya saya memang mencari produk contour kit yang warnanya nggak begitu pigmented dan mudah dibaur, agar lebih mudah digunakan dan kalau ada salah-salah nggak terlalu terlihat. Setelah membaca beberapa beauty review, akhirnya pilihan saya jatuh kepada ABH Contour Kit, yang harganya Rp540.000. Tapi menurut saya worth every penny kok. Karena memang teksturnya bagus, warnanya keluar namun nggak over pigmented, dan pilihan shade-nya juga cocok untuk kulit saya yang yellow undertone.

Baca juga: 2 Cara Memilih Warna Contouring yang Tepat

Tapi beberapa bulan yang lalu, saya membutuhkan palette dengan harga yang lebih terjangkau untuk keperluan traveling. Soalnya saya sayang kalau bawa makeup palette mahal untuk traveling, karena resiko pecah di perjalanan kan besar sekali. Jujur aja, pas memutuskan untuk membeli City Color Contour Palette ini saya gambling, nggak pakai acara cari-cari review terlebih dahulu. Karena waktu itu memang kepepet, dan toh harganya juga nggak terlalu mahal, hanya Rp120.000.

ABH vs City Color Contour Kit (4)

Kiri: ABH Contour Kit
Kanan: City Color Contour Palette

Pertama, saya akan membandingkan shade-nya terlebih dahulu. Pada palet ABH disediakan dua shade terang dengan matte finish yang bisa digunakan sebagai setting powder, sedangkan pada palet City Colour tidak. Jadi pada post ini, saya akan mengabaikan kedua setting powder tersebut. Untuk contouring, saya memakai warna pojok kiri bawah pada palet ABH, dan warna pojok kiri atas yang di-mix dengan warna tengah atas pada palet City Color.

ABH juga warnanya lebih warm, dan cocok digunakan sebagai contour powder di kulit saya. Sedangkan warna contour pada palet City Color ini lebih cool tone, dan kurang pas untuk skintone saya. Pada palet City Color ini nggak ada warna yang pas untuk saya gunakan sebagai bronzer.

Saya sama-sama nggak suka dengan powder highlighter dalam kedua produk ini, karena warnanya cenderung putih dan terlihat kurang natural di kulit saya. Tapi kalau harus memilih satu di antara keduanya, saya lebih memilih highlighter dari ABH Contour Kit, karena tekturnya lebih smooth dan nggak chalky. Keduanya memiliki shimmer yang halus dan nggak terlalu heboh, cocok untuk yang nggak terlalu suka highlighter dengan shimmer yang berlebihan.

ABH vs City Color Contour Kit (1)

Kiri ke kanan:
Swatch warna contour pada ABH Contour Kit
Swatch warna contour pada City Color Contour Palette
Swatch warna highlight pada ABH Contour Kit
Swatch warna highlight pada City Color Contour Palette

City Color Contour Palette warnanya juga jauh lebih pigmented daripada ABH Contour Kit. Buat saya sih ini malah jadi kekurangan City Colour ya. Saya memang nggak suka dengan produk contouring yang pigmented, karena harus lebih hati-hati saat pemakaian. Kalau buru-buru, hasilnya biasanya ketebelan dan muka saya malah kelihatan kotor.

Terakhir untuk kemasan, menurut saya desain kemasan ABH contour kit lebih terlihat elegan. Saya memang suka sekali dengan kemasan carboard yang dilengkapi magnet seperti ini. Hanya saja, saya rasa kemasan City Color yang terbuat dari plastik tebal dan bisa ditutup dengan rapat jauh lebih secure untuk dibawa-bawa. Seandainya kedua produknya pecah ketika diperjalanan, produk City Color tetap akan ada pada tempatnya dan nggak mengotori pouch serta makeup yang lain.

Baca juga: 4 Step Contouring Untuk Pemula

Saya bukannya nggak suka sama sekali dengan City Color Contour Palette ini, karena memang harganya terjangkau dan bisa digunakan sesuai fungsinya kok. Apalagi City Color ini juga lebih enak kalau untuk dibawa-bawa traveling. Cuma memang City Color Contour Palette lebih tricky, harus lebih berhati-hati dan harus bisa mengira-ngira campuran warna yang tepat ketika menggunakannya. Nggak seperti ABH Contour Palette yang dipakai sambil merem pun juga hasilnya tetap bagus dan natural (lebay) :D

Share dong contour kit andalan kamu!