Tips Nyatok untuk Rambut Lurus dan Kaku

Selain susah diatur, rambut lurus dan kaku kadang susah menahan curl tahan lama! Ini tiga tips yang bisa kamu lakukan supaya hasil catokan lebih maksimal dan awet seharian.

1. Biarkan Rambut Kering Total

Selain bisa bikin rambut rusak, mencatok rambut dalam keadaan setengah basah juga kadang bikin curl-nya nggak tahan lama. Saya sendiri orangnya suka nggak sabaran setiap lagi ngeringin rambut, bawaannya kepingin langsung nyatok aja padahal rambut baru kering sekitar 70-80%. Tapi, kerasa banget perbedaannya saat “memaksa” styling rambut selagi masih agak lembap dibandingkan yang sudah kering total. Apalagi buat yang tipe rambutnya susah nurut dan gampang balik ke bentuk awal setelah dicatok macam rambut saya, mencatok rambut dalam kondisi 100% kering adalah trik paling simple dan ampuh supaya hasilnya tahan lama.

11130265_10153246445792566_4876946441434341888_n

2. Set Alat Catok di Suhu yang Pas

Mungkin tips ini adalah tips paling penting dari semua. Pada dasarnya, mencatok rambut dalam suhu yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah sebenarnya sama-sama bisa merusak rambut dan nggak menjamin hasilnya akan maksimal. Set alat catok kamu di suhu sekitar 180°C – 190°C dan pisahkan rambut dalam beberapa bagian supaya kamu nggak mencatok rambut yang sama berulang kali. Jangan lupa untuk tetap rajin memakai heat protector supaya ujung rambut tetap terjaga dari panasnya alat catok.

Baca juga: Ini Beda Catokan Murah dan Mahal

3. Hindari Shampoo yang Terlalu Melembutkan

Salah satu tips yang saya pelajari beberapa tahun belakangan ini adalah ternyata shampoo juga mempengaruhi hasil catokan, at least di rambut saya. Dulu, saya selalu suka memakai shampoo yang sifatnya smoothing dan moisturizing karena merasa bahwa tipe shampoo seperti itu bisa membantu menjinakkan rambut lurus saya yang kaku ini. Teori ini terbukti, karena setiap kali memakai shampoo yang bikin rambut halus dan lembut, saya ngerasa rambut sepertinya nggak usah di-styling lagi karena sudah “jatoh” dan rapi dengan sendirinya.

Tapi, masalah muncul ketika saya mencatok, karena rambut saya akan kembali ke bentuk asalnya hanya dalam waktu 2-3 jam aja. Agak membingungkan, tapi memang efeknya beda ketika saya memakai shampoo yang fokusnya bukan di melembutkan rambut. Dua shampoo yang lagi jadi favorit saya adalah L’Oreal Fall Repair 3x Anti-Hair Fall Shampoo dan Dove Volume Nourishment Shampoo. Dua-duanya bisa bikin rambut terasa bersih, keset (in a good way), dan nggak bikin hasil catokan cepat kembali ke bentuk awal.

Satu tips bonus yang saya sering dengar juga adalah jangan mencatok rambut yang belum dikeramas karena katanya minyak di rambut juga bisa bikin hasil catokan nggak awet. Cuma, berhubung saya #TeamKeramasTiapHari, jadi saya memang nggak pernah nyatok rambut dalam kondisi setengah lepek.

Ada yang punya rambut lurus dan kaku juga di sini? Apa trik kamu supaya hasil catokan maksimal dan tahan lama? Share di comments, ya!