#FDInsight: Trend Skincare Mengalahkan Trend Makeup?

Skincare Jepang sampai brand organik Australia membuat trend skincare semakin seksi. Apa penyebabnya?

Melihat di Female Daily sendiri, konten terkait skincare saat ini semakin banyak peminatnya. Misal, program Skincare 101 with Affi Assegaf di channel YouTube FD selalu paling tinggi views-nya. Artikel bertema skincare juga semakin ramai. Tidak hanya views-nya saja, baik di video YouTube maupun artikel, hampir semua yang bertema skincare memiliki engagement yang tinggi dari komunitas. Terbukti dari banyaknya jumlah komentar yang ditulis oleh para member FD.

Skrinsyut Artikel FD

Dari mana awal munculnya tren ini? Menurut salah satu editor FD, Nadila Dara, belum tentu semua orang suka makeup-an, tapi semua orang pasti ‘’butuh’’ menggunakan skincare, mulai dari anak muda hingga yang lebih dewasa. Meningkatnya tren skincare juga sedikit banyak dipengaruhi oleh masuknya budaya Korea ke Indonesia. Kita sudah sama-sama lihat kan, kira-kira lima tahun belakangan ini segala hal yang berbau Korea seakan berjamur di industri beauty Indonesia, terutama dalam hal skincare. Sheet mask, sleeping mask, 10 tahap skincare Korea, dan masih banyak lagi tren-tren terbaru yang masuk ke Indonesia.

Selain skincare Korea, muncul juga tren skincare alami dan organik. Saya lihat tren ini munculnya bersamaan dengan tren gaya hidup sehat yang sedang booming di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Kebanyakan produk skincare organik yang terkenal datangnya dari Australia, tapi jika dilihat saat ini juga semakin banyak brand skincare organik lokal yang produknya mulai dikenal di pasaran. Sebut saja The Bath Box, The Soap Corner, Gulaco dan lain-lain. 

Skrinsyut Kak Affi

Tidak sampai disitu saja, tren skincare Western, skincare Jepang, dan lain-lain juga punya penggemarnya sendiri. Seakan ragam produk skincare tidak ada habisnya! Konsumen tinggal mencocokkan saja dengan preferensi masing-masing, produk skincare mana yang paling cocok dengan kulit dan kebutuhan masing-masing. 

Prediksinya, akan semakin banyak nih tren-tren terbaru di dunia skincare yang muncul di Indonesia. Kemungkinan lini skincare organik lokal akan semakin ramai. Saya sih paling suka trend skincare Western. Kalau kamu sendiri, pengikut trend skincare mana?