Tipe dan Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Bekas jerawat ada banyak banget macamnya dan cara penanganannya pun berbeda-beda. Yuk, cari tahu jenis-jenis bekas jerawat serta treatment apa yang cocok untuk menghilangkannya.

Setelah jerawat reda, hal selanjutnya yang perlu diatasi adalah bekas jerawat. Bekas jerawat juga banyak tipenya dan yang paling mudah ditangani adalah noda jerawat hiperpigmentasi, atau yang sering disebut PIH. Karakter bekas jerawat PIH ini adalah noda kemerahan, cokelat atau pink pada permukaan kulit. Menghilangkannya jauh lebih mudah karena kita bisa menggunakan obat over the counter seperti exfoliating toner dari Hada Labo Mild Peeling Lotion, Pixi Glow Tonic atau COSRX AHA/BHA.

Baca Juga: FD Little Notes- Jerawat

Tapi kalau bekas jerawat  bentuknya bopeng biasanya harus sampai treatment laser atau bahkan perlu dioperasi untuk mengurangi bekas-bekasnya. Berikut jenis-jenis bekas jerawat dan cara mengatasinya:

tipe bekas jerawt

Image Source: acnetreatmentshq.com

Ice Pick
Bekas jerawat ini biasanya bentuknya kecil dan mendalam. Sekilas sih terlihat pori-pori kosong dan besar. Secara keseluruhan, bekas jerawat ini seperti kulit yang tertusuk karena bentuknya yang cekung ke dalam hingga pada bagian kulit kedua yaitu dermis. Bekas jerawat ini diakibatkan dari infeksi dan peradangan dari jerawat batu atau cystic acne. Efek dari radang inilah yang merusak permukaan kulit.

Bekas jerawat seperti ini paling sulit disamarkan. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan memperbaiki jaringan parut agar bisa digantikan dengan jaringan yang lebih sehat. Dengan kata lain, cara paling efektif untuk menghilangkannya adalah dengan cara dibedah.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Jerawat dari Harumi Sudrajat

Boxcar
Bekas jerawat in biasanya memiliki sudut yang vertikal dan tajam, hampir seperti bekas luka dari cacar air. Tipenya sendiri bermacam-macam, ada yang dangkal ada juga yang dalam. Biasanya bekas jerawat ini sering ditemukan pada area pipi. Yang mengakibatkan bekas jerawat ini adalah jerawat meradang yang menghancurkan kolagen dan merusak jaringan kulit.

Sama dengan jenis bekas jerawat yang pertama, bekas jerawat boxcar juga sulit untuk disembuhkan. Cara paling ampuh adalah dengan treatment seperti laser atau chemical peeling di klinik yang bisa mengurangi tampilan bekas lukanya.

Baca Juga : Produk untuk Menghilangkan Bekas Jerawat di Bawah 100 Ribu

Rolling 
Jika digambarkan, bekas jerawat ini seperti bergelombang, lebar dan juga dangkal. Penyebab timbulnya jerawat ini adalah bekas jerawat yang sudah lama dan terjadinya kerusakan di bawah permukaan kulit. Bekas jerawat ini akan semakin terlihat dengan bertambahnya usia kita, dengan berkurangnya produksi kolagen pada kulit.

Untuk mengatasi bekas jerawat seperti ini, bisa dengan cara IPL, laser resurfacing, chemical peeling, mikrodemabrasi atau dengan menggunakan filler.