Battle Eye Palette Lokal Sariayu VS Makeover

Tahun lalu, Sariayu mengeluarkan palet eyeshadow delapan warna dengan nuansa warna netral. Dan tahun ini, Make Over menyusul mengeluarkan palet serupa. Dari kedua palet tersebut, mana yang lebih bagus?

Sebenarnya bisa dibilang telat banget sih karena merek lokal baru mengeluarkan palet eyeshadow warna nude/ netral mulai tahun lalu. Karena sudah sejak Urban Decay mengeluarkan Urban Decay Naked Palette pada tahun 2010, palet eyeshadow warna netral langsung jadi hot item yang harus ada di deretan koleksi makeup para beauty enthusiast. Merek-merek drugstore luar bahkan berlomba-lomba membuat dupe-nya. Sebenarnya kalau sekedar eyeshadow dengan warna netral kecoklatan sih, merek-merek lokal sudah sejak lama punya. Hanya saja, eyeshadow-eyeshadow tersebut biasanya dikemas dalam bentuk trio atau quad. Rasanya kurang puas kalau mau mengeksplor warna dari palet yang isinya hanya tiga atau empat warna saja.

Baca juga: 4 Rekomendasi Eyeshadow Warna Netral Merek Lokal

Tahun lalu, Sariayu mengeluarkan eye palette lokal warna netral yang terdiri dari delapan warna dalam satu kemasan. Dan seperti yang sudah saya perkirakan, banyak sekali yang antusias untuk mencoba palet tersebut. Tahun ini, Sariayu kembali mengeluarkan palet serupa, dengan nuansa warna yang lebih mengarah ke warna pink. Nggak mau ketinggalan, Make Over juga mengeluarkan dua seri eye palette lokal yang berisi tujuh warna netral, yaitu Nudes dan Smokey palette.


IMG_0012

Kedua palet ini memiliki nuansa warna yang mirip. Harganya juga nggak terpaut terlalu jauh, Eyeshadow Kit Sariayu dibandrol dengan harga Rp176 000,- sedangkan Make Over dihargai sedikit lebih mahal, yaitu Rp195 000,-.  Menurut saya harga keduanya cukup terjangkau, karena dengan mengeluarkan uang di bawah 200 ribu, kita sudah bisa mendapatkan banyak warna eyeshadow dengan kualitas yang bagus.

Baca juga: Racun Baru Make Over Eyeshadow Palettes

Sayangnya, saya agak kecewa dengan kedua palet ini. Bukannya jelek sih, malahan kedua palet ini punya kualitas yang lebih bagus bila dibandingkan dengan drugstore eyeshadow palette merek luar dengan harga yang sama. Hanya saja, nude eyeshadow palette ini kualitasnya kurang bagus kalau dibandingkan dengan trio eyeshadow keluaran Sariayu dan Make Over. Tekstur produknya kurang buttery dan warnanya juga nggak se-pigmented trio eyeshadow-nya. Padahal saya berharap banyak Sariayu dan Make Over mengeluarkan nude eyeshadow palette dengan kualitas yang sama persis seperti trio eyeshadow yang sebelumnya mereka keluarkan.

Sedangkan secara pigmentasi, keduanya sama, tergolong pigmented tetapi pigmentasinya nggak sebagus trio eyeshadow-nya. Warna-warna gelap pada kedua palet ini bagus dan pigmented, sedangkan warna terangnya cenderung chalky.

Semua warna di palet Sariayu memiliki finish seragam, yaitu shimmery. Tapi shimmer pada palet Sariayu ini cenderung halus. Bahkan kalau dipakai tipis-tipis, misalnya digunakan tipis-tipis sebagai warna transisi di crease area, shimmer-nya nyaris nggak terlihat. Sementara palet Make Over memiliki finishing yang lebih beragam. Ada beberapa warna yang shimmery, dan ada yang matte. Dan yang saya suka, pada palet Make Over, warna-warna gelapnya mempunyai matte finish.

IMG_0015

Secara pilihan warna, saya juga lebih condong memilih Make Over. Memang kalau dilihat sekilas, Sariayu tampak lebih menarik dengan pilihan warna biru di antara deretan warna-warna kecoklatan. Tapi kalau dilihat lebih seksama, banyak warna-warna pada palet Sariayu ini yang jatuhnya mirip-mirip ketika digunakan di kelopak mata. Sedangkan palet Make Over, selain finish masing-masing warna yang lebih variatif, pilihan warnanya juga lebih terkonsep dengan baik. Nggak ada warna-warna yang sama persis, dan semua warna pada palet ini bisa dipadu-padankan.

Untuk daya tahannya ketika digunakan, menurut saya kedua palet ini sama bagusnya. Saya mencoba menggunakan Sariayu di mata kiri, dan Make Over di mata kanan, dengan menggunakan MAC Paint Pot Soft Ochre sebagai eyeshadow base. Setelah lima jam, kedua eyeshadow ini masih bertahan dengan baik di kelopak mata saya.

IMG_0008

Kiri: Make Over. Kanan: Sariayu

Kalau disuruh memilih satu di antara dua palet ini, saya lebih memilih Make Over Eyeshadow Palette. Karena meskipun Sariayu sedikit lebih unggul dari segi tekstur dan harga, namun secara pilihan warna, Make Over lebih variatif dan lebih bisa digunakan untuk membuat beberapa look yang berbeda, dengan nuansa warna netral.

Sudah mencoba salah satu dari palet lokal ini?