4 Tips Eye Makeup untuk Mata Sensitif

Beberapa minggu yang lalu, kelopak mata kiri saya sempat memerah dan mengelupas parah. Setelah diselidiki, ternyata penyebabnya adalah obat jerawat yang saya oleskan di atas alis!

Krim jerawat ini ikut tergeser sampai kelopak mata karena “terangkut” minyak di area t-zone saya dan kemungkinan tergesek-gesek saat tidur. Terlepas dari faktor obat jerawat yang memang otomatis bikin kulit kering, tetapi kelopak mata beserta undereye memang merupakan area kulit paling tipis dan gampang iritasi dari seluruh kulit wajah. Suatu ingredient yang nggak memicu iritasi di area kulit wajah kamu belum tentu nggak memicu iritasi saat dipakai di dekat area mata.

Untuk menjaga area mata, terutama kamu yang area matanya sensitif, bisa coba lakuin hal-hal berikut:

Rutin Memakai Eye Cream/ Eye Mask

Sebenarnya nggak harus punya mata sensitif dulu untuk bisa melakukan perawatan lebih untuk mata. Saya sendiri baru rajin pakai eye cream setelah menggunakan acne treatment, dan bisa dibilang terasa banget perbedaannya. Menjaga mata dalam kondisi lembap akan mencegah mata sembap dan kerutan karena terlalu kering.

Kalau belum tahu eye cream apa yang recommended, bisa tonton video rekomendasi eye cream dari skincare guru FD, Affi Assegaf berikut ini, ya.

Pakai Eye Primer

Selain bisa membuat eyeshadow tahan lama dan bebas creasing, eye primer juga berfungsi sebagai lapisan di kelopak mata yang membatasi kulit dengan berbagai macam produk eye makeup. Semakin banyak produk eye makeup yang dipakai, semakin besar pula risiko mata terkena iritasi. Pakai eyeshadow saja bisa sampai tiga-empat warna, kan? Apalagi kalau ditambah eyeliner, lem bulu mata, bulu mata palsu, glitter, dan lain-lain. Seenggaknya, eye primer bisa menjadi “jembatan” supaya tumpukan produk eye makeup tersebut nggak menyentuh kulit mata langsung.

IMG_8836

Cream shadow bebas fall out, sehingga nggak perlu takut produk berjatuhan ke mata dan memicu iritasi. Selain itu, memakai cream shadow juga lebih praktis karena bisa diaplikasikan dengan jari-jari tangan saja. Nggak perlu bolak-balik cuci brush, deh :D Tapi pastikan jari tangannya juga bersih, ya.

Perhatikan Penampatan Produk

Untuk mata sensitif, pemakaian eye makeup atau bahkan eye cream yang terlalu dekat dengan waterline bisa meningkatkan risiko iritasi. Jadi, pikir-pikir dulu deh, sebelum tightlining atau memakai maskara terlalu dekat ke akar bulu mata. Jangan sampai seharian kamu malah tersiksa karena mata merah dan berair. It’s better to keep this area clean at all cost!