DIY Body Scrub untuk Mencerahkan Kulit ala India

Kalau di Indonesia ada lulur, perempuan India juga punya body scrub untuk mencerahkan kulit. Belum lama ini Priyanka Chopra membeberkan resepnya. Penasaran?

Artis Bollywood dan pemenang Miss World 2000, Priyanka Chopra, adalah salah satu bukti ‘cantik nggak harus putih’. Melalui video di Youtube channel Vogue, Priyanka berbagi resep DIY body scrub untuk membuat kulit dusky-nya cerah dan glowing. Ternyata resep body scrub ini diajarkan secara turun-temurun kepada perempuan di India. Priyanka sendiri bilang kalau dia dapat resep ini dari neneknya.

Body scrub ini umumnya dikenal perempuan India dengan nama Ubtan. Selain memang dipakai sehari-hari, Ubtan dijadikan body scrub andalan calon pengantin perempuan di India karena selain melembapkan, bahan-bahannya dapat mencerahkan secara alami.

besan-flour

Image: beautyhealthtips.in

Bahan utama body scrub ini adalah tepung gram atau besan. Tepung yang terbuat dari kacang chickpea yang dihaluskan ini banyak dipakai di makanan Asia Selatan, seperti India, Pakistan, dan Bangladesh.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat scrub:

  • cup atau 130 gram tepung gram/besan.
  • Plain yogurt.
  • Susu full cream.
  • Air perasan 1/2 buah lemon.
  • Bubuk cendana secukupnya.
  • Bubuk kunyit secukupnya.

Cara membuatnya gampang banget. Semua bahan di atas dicampur dalam satu mangkuk. Kalau adonan terlalu kental, tambahkan susu full cream dan aduk hingga teksturnya menjadi paste. Lalu oleskan adonan scrub di seluruh tubuh dan tunggu sampai mengering. Setelah itu, gosok-gosok perlahan untuk mengeksfoliasi, dan bilas dengan air hangat.

Priyanka Chopra menyarankan adonan body scrub ini di-patch test dulu karena some people may be allergic to some of the ingredients, seperti bubuk cendana dan lemon. Untuk bubuk kunyit, juga masukkan sedikit-sedikit dulu agar noda kuning di kulit nggak terlalu pekat. Tapi jangan khawatir, noda kuning ini nggak akan terlalu lama kok membekasnya.

priyanka before after

The result!

Di India, sebenarnya Ubtan nggak hanya dipakai untuk mencerahkan kulit tubuh. Nggak jarang yang juga memakainya sebagai masker wajah karena dipercaya baik untuk jerawat dan dapat menyamarkan tan akibat matahari. Bedanya, lemon sebaiknya nggak usah dicampurkan ke adonan karena sifatnya yang terlalu asam untuk wajah dikhawatirkan malah akan menyebabkan iritasi.

Meskipun tepung gram atau besan merupakan suatu staple dia dapur keluarga India, mungkin masih kurang familiar ya di telinga orang Indonesia. Kalau kamu ingin coba buat body scrub ini, besan tersedia kok di beberapa supermarket dan marketplace.

Baca juga: DIY Skincare Korea ala Song Hye Kyo