Maybelline Fit Me vs L’Oreal Infallible Foundation | Battle of The Month

Saya mencoba Maybelline Fit Me vs L’Oreal Infallible Foundation dan ini hasilnya di kulit super berminyak.

Bisa dibilang, saya memiliki love and hate relationship dengan kulit wajah saya. Alasannya? Jenis kulit saya yang sangat berminyak! Di satu sisi, memiliki kulit berminyak membuat kulit wajah jadi awet muda, tapi saya kesal banget kalau sudah berurusan dengan makeup. 

Matte Foundie 1 Product Shot

Rasanya, belum ada produk makeup sehari-hari yang bisa awet di wajah saya. Sehari-hari, saya sengaja menggunakan base tipis dan lebih fokus ke penggunaan skincare dan sunscreen daripada menggunakan makeup. Tapi, kalau ada acara yang mengharuskan penggunaan makeup secara paripurna, gimana?

Sudah lama saya sudah punya satu foundation favorit di dunia matte foundation: L’Oreal Infallible Pro-Matte. Saat Maybelline rilis Fit Me Matte+Poreless Foundation, saya langsung beli foundation-nya dan it became a top product untuk makeup saya. It’s been a while sejak saya menggunakan dua produk ini, dan saya merasa keduanya masih nggak mampu menahan minyak di wajah saya. Karena itu, saya akhirnya memutuskan untuk battle ketahanan penggunaan dua foundation yang sudah jadi holy grails di kalangan pemilik kulit berminyak ini.

Matte Foundie 1 Foundation OnlyKiri: Maybelline Fit Me Matte Soft Tan + Poreless, Kanan: L’Oreal Infallible Pro-Matte Sun Beige.

Foto di atas menunjukkan wajah saya hanya dengan satu layer foundation. Setelah itu, saya melanjutkan makeup routine saya, mulai dari mattifying primer, cream contour dan baking khusus di daerah hidung karena paling cepat berminyak. Hari itu, aktivitas saya lumayan bermacam-macam dan menantang untuk mengetes ketahanan dua produk matte foundation ini. Saya naik ojek dan naik mobil, ke tempat ber-AC dan nggak ber-AC, dari ngobrol sama teman sampai santai sendirian di kamar. Aktivitas saya mulai dari jam sepuluh pagi dan berakhir jam empat sore, jadi total pemakaian produknya selama enam jam. Saya juga nggak akan nge-blot kelebihan minyak sama sekali, just for fun! Hahaha.

Matte Foundie 1 StartKiri: Maybelline Fit Me Matte Soft Tan + Poreless, Kanan: L’Oreal Infallible Pro-Matte Sun Beige.

First impression saat penggunaan, saya merasa formula dari foundation Maybelline jauh lebih ringan dibanding L’Oreal; sisi kiri terasa nggak pake makeup sama sekali. Pengaplikasiannya juga lebih halus, lebih mudah, dan cream contour saya lebih mudah di-blend di atas foundation Maybelline. Di foto terlihat finish-nya Maybelline lebih luminous dibandingkan L’Oreal, tapi keduanya masih ada efek glowing kalau terkena cahaya. Coverage-nya mirip, sama-sama medium-to-full. 

Sekitar jam satu siang, saya sudah mulai gerah dan terganggu dengan keadaan wajah saya. Rasanya lengket banget. Saat ngaca… Hahahahaha. Nggak kaget deh. Ternyata serangan minyak sudah sampai, LOL! Setelah pemakaian selama tiga jam, sisi Maybelline mulai terlihat oily dibanding sisi L’Oreal. Walaupun Maybelline lebih oily, sisi Maybelline masih terasa ringan, masih berasa nggak pake makeup dan nggak lengket. Untuk sisi L’oreal, sudah mulai berasa tacky dan berat di daerah hidung, bikin gatal untuk cepat-cepat hapus makeup. Di sini terlihat signifikan perbedaan Maybelline dan L’Oreal; L’Oreal masih menang untuk soal oil control. Untuk kenyamanan, Maybelline tetap jadi juara.

Setelah 3 jam pemakaian, ini kondisi wajah saya.

Matte Foundie 1 Mid CheckinKiri: Maybelline Fit Me Matte Soft Tan + Poreless, Kanan: L’Oreal Infallible Pro-Matte Sun Beige.

Tadinya, saya berniat untuk tes dua foundation ini selama delapan jam, tapi karena saya udah nggak tahan, akhirnya saya menyerah dan melakukan check in terakhir di jam empat sore. Hasilnya setelah 6 jam?

Matte Foundie 1 EndKiri: Maybelline Fit Me Matte Soft Tan + Poreless, Kanan: L’Oreal Infallible Pro-Matte Sun Beige.

Tadaaa! Sudah cukup jelas kan se-oily apa? Akhirnya, kedua sisi nggak terlihat beda dalam kontrol minyaknya. Bisa dilihat juga kalau sisi L’Oreal mulai memudar karena bekas jerawat di daerah pipi saya mulai terlihat dibanding foto di check in sebelumnya. Sisi Maybelline juga cukup pudar karena blush saya sisa di apples of the cheeks saja, padahal saya mengaplikasikan blush selalu ditarik sampai pelipis. Contour saya juga nggak bersisa di sisi Maybelline, tapi di sisi L’Oreal masih ada.

Matte Foundie 1 End One Face

Kesimpulannya, kalau kulit kamu berminyak, most likely kamu akan butuh bantuan ekstra untuk memperpanjang durasi penggunaan makeup kamu. Mungkin kamu harus menggunakan primer yang lebih mattifying, menggunakan setting spray, atau rajin blotting dengan transluscent powder agar riasan lainnya tidak terganggu. Yang pasti, 6 jam tanpa blotting atau touch up membuat saya terlihat seperti foto di atas: a big oily mess! Hahaha. Kamu juga harus mindful dalam penggunaan makeup. Kalau naik motor atau panas-panasan, foundation kamu pasti akan cepat luntur dan berminyak dibanding kalau kamu naik mobil ber-AC dan hanya duduk manis saja.

Finish

Kalau ditanya produk mana yang menang, saya lebih memilih foundation Maybelline Fit Me Matte+Poreless! Walaupun dalam 3 jam sudah berminyak dan pudar di beberapa area, tapi teksturnya yang ringan di kulit benar-benar juara. Cocok banget untuk digunakan sehari-hariProduk yang digunakan di atas foundation Maybelline juga lebih mudah di-blend dan fleksibilitas teksturnya cocok untuk pemula yang lagi belajar makeup.

Let me know your experience!