DIY Air Beras untuk Kulit, Yakin Aman?

Air beras sering dibicarakan sebagai bahan skincare DIY untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Sebenarnya, apakah aman digunakan? 

Menggunakan skincare air beras untuk kulit sebenarnya sudah tidak asing lagi, apalagi di Indonesia. Saya ingat pernah dinasihati oleh eyang putri saya untuk mencuci wajah dengan bilasan air cucian beras setiap pagi agar wajahnya cerah dan bekas jerawat memudar. Saya juga baca di forum Female Daily, banyak FD-ers yang merekomendasikan pemakaian endapan air cucian beras sebagai masker. Apa aja sih manfaat air beras untuk kulit kita?

masker beras

Ternyata, air beras kaya akan vitamin B1, B3, dan B6, juga vitamin C dan E. Air beras juga mengandung antioksidan untuk mencegah radikal bebas, bahkan ada beberapa studi yang menyebutkan air beras dapat melindungi kulit kita dari sinar UV. Tahu niacinamide, kan? Niacinamide adalah turunan dari vitamin B3 yang terkandung di air beras. Selain mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam, efek pemakaian air beras ke wajah secara rutin juga bisa membuat kulit wajah kita lebih matte dan bebas dari jerawat. Selain untuk wajah, air beras juga bagus digunakan untuk membilas rambut karena mengandung inositol, sejenis karbohidrat yang dapat memperbaiki dan melindungi rambut dari damage secara bersamaan. Harganya pun murah, bisa dibilang bisa didapatkan secara gratis kalau di rumah kamu selalu masak nasi.

Terus, masalahnya apa? Pasti sudah pernah dengar soal beras plastik, beras yang menggunakan pemutih, atau isu penggunaan pestisida berlebihan kan? Kebayang dong kalau menggunakan beras yang mengandung zat yang terkontaminasi di wajah. Selain bersifat karsinogenik, papaparan pestisida secara terus-menerus mampu mengacaukan sistem hormon.

Kalau masih ingin mencoba khasiat beras untuk kulit, kamu bisa mencoba produk kecantikan Asia di pasaran yang bahan dasarnya beras. Lebih praktis, pemakaiannya nggak ribet, dan sudah jelas teruji aman untuk kulit. Masih penasaran sama versi DIY-nya, pastikan kamu menggunakan beras organik yang bebas bahan kimia. Tapi kalau gitu, nggak jadi murah lagi dong? Hahaha..