Ibu Berhijab Jadi Model Shampo Dove di Amerika

Suka konsep kampanye Real Beauty dari Dove? Tahun ini, mereka menggandeng ibu berhijab asal Indonesia sebagai model untuk kampanye Real Beauty Pledge 2017.

Sudah pernah nonton iklan Real Beauty Sketches dari Dove? Kampanye Dove tahun 2013 ini menjadi salah satu brand campaign tersukses di masanya karena sukses membuat banyak orang tersentuh dan terharu. Kampanye Real Beauty dari Dove dimulai di tahun 2004 dengan misi merubah cara pikir perempuan untuk menyadari dan mengakui bahwa semua perempuan itu cantik, dari luar maupun dari dalam.

Body Dove Hijab 1

Di tahun 2017 ini, Dove menggandeng fotografer Mario Testino dalam peluncuran kampanye Real Beauty Pledge. Mario Testino adalah fotografer ternama dunia dibalik foto-foto Gigi Hadid, Cara Delevigne, bahkan mendiang putri kerajaan Inggris, Princess Diana. Kali ini, Mario bertanggung jawab untuk memotret 32 perempuan, dengan rentang usia sebelas sampai 71 tahun yang berasal dari 15 negara, to showcase Dove Real Beauty Pledge. Di kampanye ini, 32 perempuan ini akan difoto dan diwawancarai tentang apa makna real beauty bagi mereka. Lalu, foto dan kutipan wawancara tersebut akan dipamerkan di kota New York dan online di website Dove.

Seluruh perempuan yang merepresentasikan kampanye ini sangat beragam dan inklusif. Dari penerima medali Paralympics yang kehilangan kakinya karena penyakit kanker, hingga seorang perempuan Tiongkok yang meninggalkan stereotype perempuan Tiongkok demi mengejar mimpi dan cita-citanya di dunia karir. Uniknya, salah satu Real Women pilihan Dove adalah seorang ibu berhijab yang berasal dari Indonesia. Yep, you read it right. Berhijab!

Annisa adalah seorang full time mother yang besar di Indonesia, hidup dengan ekspektasi perempuan Indonesia yang sudah bukan rahasia untuk kita semua: rambut panjang yang lurus, kulit mulus dan putih, tubuh tinggi dan kurus. Annisa menghabiskan masa mudanya untuk mencoba mengikuti ekspektasi tersebut dan mengisi peran ”perempuan cantik” di Indonesia. Sampai di suatu ketika, Annisa mendapatkan kesempatan untuk melihat perempuan di budaya lain yang merayakan bahwa cantik tidak datang dalam satu tipe, tapi keberagamaan kecantikan itu lah yang membuat perempuan itu menarik. Ia juga berpendapat bahwa kecantikan diri seseorang tidak datang dari luar atau fisik saja, tapi juga dalam atau ketulusan hati mereka.

Body Dove Hijab

Annisa berpendapat ia “…belajar bahwa kecantikan itu datang dari hati seseorang dan kebaikan hati. Warna ataupun tekstur kulit bukan tolak ukur kecantikan Anda, selama Anda tersenyum dari dalam hati, Anda adalah wanita yang begitu cantik.”

Personally, saya suka banget dengan konsep-konsep kampanye garapan Dove dalam lima tahun terakhir. Saya merasa kampanye mereka thoughtful banget dan penyampaiannya selalu ”nempel” ke hati kita. Sebagai pionir brand yang mengakui real women kayak kita, Dove secara tidak langsung juga membantu saya untuk lebih percaya diri dan berani dalam mengejar mimpi saya. Deep banget kan, kampanyenya? Penasaran dengan cerita lain dari Real Women? Kampanye Real Beauty Pledges sudah bisa kamu cek di sini.