Beautypedia: Mengenal Ampoule pada Skincare Korea

Now what exactly is an ampoule? Kalau baru mau coba-coba Korean skincare, mungkin pernah dengar kata ampoule, tapi belum terlalu paham apa itu sebenarnya dan fungsinya. Simak di sini ya.

Ampoule atau ampule sering disebut sebagai supercharged serum. Formulanya aktif dan memiliki konsentrasi tinggi. Andalan beberapa member di forum, Leejiham Vita Propolis Ampoule, adalah salah satu yang formulanya highly concentrated. Nggak tanggung-tanggung, kandungan propolisnya 50%!

ampoules body

Formula yang sangat reaktif membuat ampoule mudah teroksidasi kalau terlalu lama terkena exposure lingkungan sekitar. Makanya di awal kemunculannya di Korean skincare industry, ampoule dikemas dalam kemasan sekali pakai yang disebut (wait for it…) ampoule. Rata-rata satu ampul cukup untuk dipakai di satu wajah.

Sekarang nggak jarang ampoule dikemas di botol dengan pipet, mirip kemasan serum. Yang membedakan, biasanya kemasan ampoule lebih kecil. Where serums often come in a 30 ml bottle, most ampoules are only 20 ml or less. Kemasan seperti ini dibuat agar formulanya tetap stabil. Semakin cepat habis, akan semakin rendah kemungkinan ampoule teroksidasi. Meskipun ada juga sih yang isinya 100 ml seperti Tosowoong Propolis Sparkle Ampoule.

Bahan-bahan dalam ampoule diformulasi untuk mengatasi skin concerns yang spesifik, walau umumnya memang fokus ke anti-aging. Selain hyaluronic acid, peptides dan lendir siput, propolis adalah salah satu bahan yang sering dipakai juga pada ampul. Sifatnya yang anti-bakteri dipercaya dapat membersihkan pori-pori dan pemakaian jangka panjang akan membuat pori-pori terlihat lebih samar, which leads to youthful-looking skin.

Baca juga: 5 Rahasia Anti-Aging Wanita Korea

Lalu, dari 10 step Korean skincare routine, kapan harus pakai ampul? Ampul ada di step keenam atau setelah essence karena teksturnya cair namun lebih thick dari essence.

Sekarang juga sudah banyak ampoule sheet mask. Jadi, setelah cairan diratakan ke wajah, lembaran sheet mask dipakai untuk mengunci ampul agar terserap secara optimal. Ingin hasil yang terlihat instan? Campur ampul dengan moisturizer dan foundation untuk hasil yang lebih glowing!

Baca juga: Plus Minus Face Oil sebagai Makeup

Sudah coba ampoule? Let us know your favorites below!