Membedah Kuas Real Techniques Palsu

Saat berbelanja di salah satu toko kecantikan, saya menemukan kuas makeup palsu yang penampakannya sangat mirip dengan yang asli. Penasaran?

Siapa sih yang nggak tahu brush Real Techniques? Lini kuas makeup milik the Pixiwoo sisters ini memang sudah mendunia dan penggunanya pun sudah sangat banyak. Saya sendiri punya beberapa brush Real Techniques dan salah satu brush-nya, Expert Face Brush, jadi favorit untuk nge-blend cream contour karena ukurannya yang pas banget untuk cekungan pipi saya. Di Indonesia, Real Technique pun sudah tersedia offline dan dijual secara resmi di department store maupun Sephora.

Packaging BodyBaru saja minggu lalu, saya sengaja mengunjungi toko kecantikan di Bandung dengan niatan mencari produk makeup lokal baru untuk di-review di Female Daily. Setelah muter-muter, saya melihat setumpuk brush Real Techniques palsu seharga Rp 75 ribu! Real Techniques KW ini juga banyak beredar di online shop.

Setelah dilihat-lihat, packaging dan warna produknya masih yang lama, padahal yang sekarang dijual di pasaran sudah model yang baru. Iseng, saya langsung beli kuas Real Techniques palsu ini yang jenis Setting Brush. Keesokan harinya, produknya saya bawa ke kantor dan kebetulan, intern FD lain, Kak Andien, punya yang asli. Setting Brush punya Kak Andien adalah model kuas Real Techniques yang baru, yang tersedia secara asli di pasaran. Mau tau bedanya di mana?

Showdown Body

Kiri: asli – kanan: palsu

Kalau dilihat dari jauh, memang mirip banget dan cuma beda warna. Secara fisik, ukurannya sama persis, down to the nooks and crannies. Tapi, liat deh gagang kuas yang palsu. Branding dari Real Techniques sudah pudar duluan, padahal baru saja dibuka dari bungkusnya. Kak Andien sudah memiliki setting brush ini selama berbulan-bulan dan branding-nya masih sempurna, walaupun sudah dicuci dan digunakan berkali-kali.

Bristles Body

Kiri: asli – kanan: palsu

Melihat lebih dekat, kepalsuannya sudah mulai terlihat nih! Brush yang asli bulunya lebih padat dan tapered, lebih rapi dan tersusun. Jenis bulunya pun berbeda. Dual fibre yang terdapat pada kuas asli juga lebih rendah batasnya, dibandingkan kuas palsu yang hanya ada di ujungnya saja.

Zoom in Bristles

Kiri: asli – kanan: palsu

Dilihat lebih dekat lagi… Ternyata yang palsu berantakan banget! Bulunya terlihat nggak rapi dan ‘ngejegrak’, bahkan ada yang keluar-keluar. Walaupun tekstur dari brush yang palsu masih terhitung halus dan bisa digunakan, hasilnya nggak akan sebagus yang asli karena memang kualitasnya beda jauh.

Nah, setelah membandingkan kedua kuas, maklum dong kalau kuas makeup Real Techniques harganya lebih dari 75,000? Kualitasnya jelas beda jauh, yang palsu terlihat nggak rapi dan asal-asalan banget. Sebenarnya brush palsu ini masih bisa digunakan, halus juga, tapi secara durabilitas pasti meragukan banget. Kalau belum dicuci dan digunakan saja sudah terlihat tidak prima, can you imagine bentuk brush setelah digunakan dan dicuci beberapa kali?

Kalau memang kamu belum memiliki budget untuk membeli makeup brush yang cukup mahal, saya menyarankan untuk mengaplikasikan produk dengan jari terlebih dahulu. Seperti cream blush yang cocok untuk pemula karena alasan ini. Makeup brush asli yang berkualitas tapi harganya tetap terjangkau juga sudah banyak bisa ditemui di pasaran. Kuas makeup dari ELF Cosmetics, Ecotools, dan Wet and Wild bisa jadi solusi kamu.

Yakin rela mengeluarkan uang untuk kuas makeup palsu? Ayo coba pikir-pikir lagi..

Baca juga: 

Fenomena Kosmetik Palsu Sampai ke Mall

3 Rekomendasi Kuas Blush On Murah dan Multifungsi