Cara Contour Hidung untuk Pemula

Life can be pretty unfair. Sebagai wanita Asia, sudah bukan rahasia lagi kalau hidung kita umumnya tidak semancung hidung wanita Kaukasia. 

Hidung yang terlalu lebar atau terlalu pesek memang membuat kita kurang percaya diri. Demi mendapatkan hidung yang lebih ideal, bahkan ada banyak perempuan yang rela menghabiskan sebagian besar uangnya untuk melakukan operasi plastik. Padahal, ada cara yang lebih mudah (dan pastinya lebih murah) agar hidung dapat terlihat mancung tanpa operasi lho. It’s called nose contouring!

Baca juga: Adakah Contouring Kit Lokal yang Bagus?

Don’t worry kalau kamu masih pemula dalam makeup. Tanpa contouring kit, masih bisa kok menciptakan hidung mancung dengan mengikuti tiga step cara contour hidung mudah berikut ini:

Step 1- Highlight

Fungsi highlight adalah untuk menonjolkan bagian wajah yang ingin ditonjolkan, agar wajah tidak terlihat flat atau datar. Di batang hidung, gunakanlah concealer atau foundation yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulitmu. Tambahkan sebuah titik di ujung hidung (jadi bentuknya seperti tanda seru!) untuk membuat hidung terlihat lebih tinggi.

contour hidung 1

Step 2- Shade

The next step is shading, yang berfungsi untuk menciptakan bayangan di hidung jadi hidung bisa terlihat lebih kecil. Saya sih sarankan memakai produk contour yang berjenis powder daripada cream, karena hasilnya lebih natural dan lebih mudah untuk dibaurkan. If you don’t have a contour kit, saya kadang juga menggunakan eyeshadow cokelat  untuk step ini.

Dengan brush yang tepat, mulailah menggambar dua garis dari jembatan hingga mendekati ujung hidung. Pokoknya, draw it the way you want your nose to be like. Semakin rapat kedua garis ini, ya semakin kurus hidungmu. Untuk mendapatkan ilusi hidung yang lebih lancip (jadi bisa mirip Julia Roberts versi KW gitu razz), gambarlah bentuk huruf v pada ujung hidung.

contour hidung 2

Step 3- Blend

Untuk blending, saya lebih suka menggunakan Beautyblender. Dengan bagian bawah Beautyblender yang bulat, mulai blend highlighter terlebih dulu. Lalu, dengan bagian atas Beautyblender yang runcing, baru blend garis shading. Kalau mau hemat, boleh dicoba blend dengan jari saja, but make sure you really blend!

contour hidungCara paling efektif untuk mengetahui kalau sudah cukup di-blend adalah dengar mengambil foto. If you look Instagramable, jadi cara contour hidung kamu sudah benar!

Nah, mudah saja kan untuk mendapatkan hidung mancung ala ala artis Hollywood? smile emoticon