3 Rekomendasi Bronzer Murah di Bawah 100 Ribu

Kamu suka bronzer yang warm-tone, cool-tone, matte finish, atau shimmery? Jangan khawatir, saya punya rekomendasi semua jenis bronzer yang kamu suka, dari drugstore brand!

Saya suka sekali memakai bronzer. Lalu karena selera lipstik saya yang cenderung pucat dan cool toned, dan juga karena saya kurang suka memakai blush on, bronzer jadi senjata andalan untuk menghidupkan dan memberi warna hangat pada wajah saya.

Baca juga: Tips Memakai Greige Lipstick Tanpa Terlihat Pucat

IMG_0155

Saya mendapati berbagai warna dan finish dari berbagai macam produk bronzer yang saya coba. Ada produk bronzer yang warnanya sangat hangat, ada yang cenderung cool, ada yang finish-nya matte, dan ada pula yang mengandung shimmer. Kalau disuruh memilih, saya sih memilih bronzer dengan warna hangat, yang memiliki kandungan shimmer halus. Favorit saya adalah The Balm Betty-Lou Manizer. Ketika digunakan, terutama di area tulang pipi, kulit saya menjadi lebih hangat dan berkilau seakan-akan dicium matahari.

Tapi nggak semua orang suka dengan bronzer ber-shimmer, walau sebenarnya yang namanya bronzer harusnya tidak flat matteJadi saya mencoba mencari bronzer murah namun bagus yang pernah saya gunakan, yang mempunyai warna dan finish yang berbeda-beda.

 cats

1. Max Factor Bronzing Powder Golden

Ini merupakan produk bronzer pertama yang saya punya. Tapi sampai sekarang, saya masih suka lho dengan Max Factor Bronzing Powder ini. Warnanya cokelat cenderung kemerahan, dengan golden shimmer. Di pan, shimmer-nya memang terlihat sedikit mengintimidasi. Tapi ketika sudah dipakai, malah nggak terlalu kelihatan shimmer-nya, apalagi kalau pakainya tipis-tipis saja.

Kekurangan produk ini adalah warnanya yang super pigmented, jadi pastikan hati-hati dan light handed saja ketika mengaplikasikan. Kekurangannya lagi adalah kemasannya yang rapuh dan tutupnya gampang copot. Tapi Max Factor ini harganya terjangkau dan mudah ditemui di mana saja.

2. Catrice Sun Glow Matte Bronzing Powder

Sama seperti beauty enthusiast lainnya, saya juga excited sekali ketika tahu bahwa produk-produk Catrice sudah tersedia di Guardian Indonesia. Salah satu produk Catrice yang saya coba dan langsung saya suka adalah Catrice Sun Glow Matte Bronzing Powder. Tone warnanya cokelat hangat cenderung kuning, dengan matte finish. Pigmentasinya lumayan bagus, mudah dibaurkan, dan nggak se-pigmented Max Factor Bronzing Powder. Jadi masih lebih gampang digunakan.

3. City Color Be Matte Bronzer

Bronzer ini adalah satu-satunya produk bronzer yang saya punya yang mempunyai warna cool tone. Warnanya cokelat taupe, dengan matte finish, nyaris seperti shading powder. Saya sendiri kurang suka dengan produk bronzer yang warnanya cool tone, karena membuat wajah saya terlihat ‘kotor’. Tapi sepertinya cool tone bronzer ini banyak sekali peminatnya. Produk ini juga multifungsi karena bisa digunakan sebagai contouring.

Seperti dua produk yang sebelumnya, City Color ini harganya juga terjangkau, dibawah 100 ribu. Tapi sayangnya, produk-produk City Color belum ada konternya di Indonesia. Jadi untuk mendapatkannya, bisa beli di online shop.

Bronzer seperti apa yang jadi favorit kamu?