Trik Agar Riasan Alis Tahan Lama

Produk alis favorit saya adalah pensil alis, karena hasilnya natural dan pemakaiannya mudah. Tapi pensil alis hasilnya cenderung kurang tahan lama. Berikut adalah cara-cara yang bisa membantu agar pensil alis bisa lebih tahan lama.

Kalau ditanya produk alis berbentuk apa yang paling saya suka, jawabannya sudah pasti pensil. Pensil alis mampu membingkai dan membuat alis tampak lebih berbentuk, tapi tetap kelihatan natural. Saya suka cara pensil alis membuat bentuk alis saya lebih jelas, tapi dengan rambut asli alis yang tetap terlihat.

Alasan lain adalah karena cara pemakaiannya yang mudah. Bagi saya, lebih mudah menghasilkan bentuk alis yang presisi dan ujung alis yang runcing dengan menggunaan pensil alis, daripada dengan produk-produk alis lainnya. Tapi kalau alasan yang ini sih lebih ke soal selera ya. Memang sejak pertama kali belajar ngalis, saya selalu memakai pensil alis. Jadi saya lebih terbiasa dengan produk alis berbentuk pensil sejak dulu.

Baca juga: Pensil Alis Bagus di Bawah 50 Ribu

Tapi pensil alis ini juga ada kelemahannya. Nggak seperti eyebrow pomade/ cream yang hasilnya awet dan bisa tahan seharian, kalau eyebrow pencil cenderung lebih mudah terhapus. Biasanya sih terhapus karena nggak sengaja terkena tangan atau tisu, atau bagian pinggir-pinggirnya terkena minyak wajah. Makanya saya selalu sedia pensil alis dan spooly brush di makeup pouch, karena ya memang harus touch up pensil alis.

Tapi ada kok caranya agar hasil alis tahan lama, walau menggunakan pensil alis, dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

IMG_0024

Gunakan Primer di Sekitar Alis

Minyak wajah biasanya jadi penyebap utama alis nggak tahan lama. Makanya penting banget menggunakan produk-produk untuk menahan minyak di sekitar alis. Face primer adalah salah satu produk yang biasanya jadi andalan untuk menahan minyak wajah. Saya jarang memakai face primer. Kalaupun pakai, biasanya hanya saya gunakan di t-area. Tapi akhir-akhir ini saya suka mengaplikasikan face primer di daerah sekitar alis. Cara ini membantu agar kulit di sekitar alis nggak cepat berminyak, dan alis jadi lebih tahan lama.

Set dengan Brow Mascara

Brow mascara akan membuat rambut alis tetap stay in place dan pensil alis yang kita aplikasikan lebih awet. Sisirkan brow mascara sesuai arah rambut alis, di atas pensil alis yang sudah kita aplikasikan sebelumnya. Kalau saya sendiri, lebih suka menggunakan clear mascara, karena hasilnya terlihat lebih natural dan nggak merusak warna pensil alis yang sudah saya aplikasikan sebelumnya.

Baca juga: Rekomendasi Brow Mascara di FD HQ

tips-pensil-alis-tahan-lama

Beri Bedak di Sekitar Alis

Selain primer, mattifying powder juga bisa membantu menahan minyak di wajah agar nggak cepat keluar. Gunakan bedak dengan formula yang menyerap minyak dan dengan hasil akhir yang matte, pada kulit di sekitar alis. Cara ini biasa saya lakukan di tahapan terakhir. Jadi setelah alis jadi, saya membingkainya dengan concealer agar bentuknya lebih rapi dan bulu-bulu halus yang di luar jalur alis tertutup. Setelah itu, baru aplikasikan bedak tabur di atas concealer, dengan menggunakan brush berukuran kecil.

Baca juga: Rekomendasi Bedak Padat Untuk Kulit Berminyak

Memang sih, walau dengan menggunakan tiga cara di atas, staying power dari pensil alis masih kalah kalau dibandingkan dengan eyebrow cream. Tapi cara-cara di atas bisa membantu agar alis lebih bertahan lama dan nggak perlu sering-sering touch up.