Tips Memakai Softlens Agar Nyaman Seharian

Bukan hanya sebagai pengganti kacamata, softlens juga adalah produk kecantikan yang dapat melengkapi makeup look. Saya punya beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk kamu yang sering menggunakan softlens.

1.) Pilihlah softlens yang cocok

Banyaknya jenis dan merek softlens yang dijual sekarang malah membuat kita sulit menentukan softlens mana yang harus digunakan. Contohnya nih, softlens dapat memiliki waktu pemakaian, ukuran diameter dan warna yang berbeda-beda. Hmm… so where do we start then?

Tips memakai softlens bagi pemula, saya lebih mementingkan kadar air yang dimiliki oleh softlens. Waktu pertama kali memilih softlens, saya ngasal membeli circle lens dari Jepang yang warnanya bagus tapi kadar airnya rendah, jadi asupan oksigen ke kornea mata tidak cukup. Circle lens ini memang membuat mata saya terlihat lebih besar dan hidup, tapiii setelah memakai lensa ini, dalam beberapa jam saja mata saya sudah terasa kering dan merah-merah. Ya karena saya merasa warna lensa ini cocok banget dengan wajah saya, saya paksakan saja untuk beberapa hari sampai mata saya iritasi dan tidak bisa menggunakan softlens untuk berminggu-minggu. Moral of the story? Seperti mencari pacar, jangan dipaksakan jika memang tidak cocok LOL razz.

Baca juga: 5 Pilihan Softlens Bagus dan Nyaman Digunakan

tips softlensImage: Memebox

2.) Perhatikan Kondisi Softlens

Saat softlens terasa nggak nyaman atau perih, segera buka dan periksa kondisinya (dengan tangan yang bersih, of course). Apakah ada permukaan yang tergores atau sobek? Mungkin softlens telah dikenakan terbalik? Perhatikan masa berlaku softlens, apakah telah kadaluwarsa? Atau memang nggak nyaman aja dari sananya? Kalau memang ada something wrong, jangan mengambil risiko dan gantilah ke yang baru.

3.) Hati-hati Menggunakan Eye Makeup

Softlens memang sebaiknya dipasang sebelum makeup untuk mencegah kemungkinan sisa makeup di tangan menempel ke softlens. Jadi, hati-hati juga saat aplikasi makeup mata. Hindari eyeshadow yang banyak fall-out nya. Saya pernah menggunakan softlens dengan glittery eyeshadow, which is always NOT a good combination, by the way.  I would suggest untuk menggunakan eye makeup yang lebih waterproof atau longlasting saat sedang menggunakan softlens. Another option adalah membeli eye primer yang bagus supaya eye makeup lebih bertahan lama dan tidak jatuh ke mata.

Baca juga: 3 Eye Shadow Primer di Beauty Review

4.) Gunakan Obat Tetes Mata 

Kadang-kadang kalau terlalu lama di depan komputer atau di ruang ber-AC, softlens bisa menjadi kering dan terasa perih di mata. Apalagi kalau di mobil, saya sering tiba-tiba ketiduran saat memakai softlens, alhasil mata menjadi superrr kering saat bangun. Karena itu, saya selalu membawa obat tetes mata khusus di makeup pouch saya sebelum keluar rumah.

tips softlens 2Foto: webmd

Obat tetes ini jelas beda ya, dengan obat tetes mata untuk mata merah atau mata yang iritasi. Obat tetes mata ini khusus untuk pengguna softlens, dan memang berfungsi untuk mengatasi mata kering saat pemakaian softlens . Biasanya saya cukup menggunakan sekali tetes saja untuk menghindari mata kering sepang hari.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Softlens

Tapi yang paling penting dari semua tips yang saya tuliskan di atas adalah selalu menjaga kebersihan saat menggunakan softlens. Cucilah tangan sebelum menyentuh softlens dan jangan usap-usap mata dengan tangan yang kotor. Dan, jangan ketiduran biggrin!