5 Pertanyaan Populer Seputar Jerawat

Topik skincare yang nggak akan ada habisnya dan selalu ramai dibicarakan adalah topik tentang jerawat. Buat kamu yang lagi cari info tentang asal usul jerawat, berikut adalah pertanyaan paling populer seputar jerawat!

Image

1. “Dari mana datangnya jerawat?”

Meskipun minyak alami di wajah kita (biasa disebut sebum) memiliki banyak manfaat untuk kulit, tetapi produksi minyak yang berlebihan juga tentunya kurang baik untuk kulit. Adanya penyumbatan minyak pada kulit bisa terjadi karena pengelupasan kulit yang nggak maksimal atau karena kelenjar minyak justru terlalu aktif banyak menyebabkan bakteri berkembang biak. Bakteri yang menumpuk di pori-pori dan bercampur dengan kotoran ini akan memicu peradangan, kemerahan, yang akhirnya berujung pada timbulnya jerawat.

2. “Apa yang membedakan jerawat puber dengan jerawat orang dewasa?”

Jerawat adalah masalah kulit yang klasik dialami remaja usia SMP atau SMA. Di umur tersebut, biasanya hormon yang nggak stabil dan menimbulkan jerawat yang disebabkan produksi minyak berlebih. Jerawatnya bisa berupa bruntusan kecil-kecil maupun jerawat besar yang agak kemerahan. Biasanya, jerawat puber yang dialami remaja ini masih bisa diatasi dengan produk-produk skincare over-the-counter.

Berbeda dengan jerawat puber, jerawat orang dewasa yang umumnya juga karena faktor hormonal dan stress biasanya lebih susah ditangani karena kulit mereka sudah mengalami beberapa masalah seperti dehidrasi, iritasi, dan sebagainya. Karena itu, kadang butuh bantuan profesional dan produk skincare khusus yang hanya bisa didapatkan di dokter kulit maupun beauty clinic.

3. “Apakah jerawat boleh dipencet?”

Kadang kita memang suka gatal mau mencet jerawat supaya cepat hilang. Tapi pada nyatanya, butuh trik khusus untuk memencet jerawat supaya nggak membekas, karena itu buat kamu yang belum berpengalaman lebih baik menyerahkannya langsung ke bantuan profesional. Memencet jerawat sembarangan hanya akan menambah peradangan dan meningkatkan resiko jerawat jadi infeksi. Worst case scenario, bukannya hilang tanpa bekas, jerawat kamu malah meninggalkan bekas luka yang lebih susah hilang dari noda jerawat!

4. “Apa kebiasaan sehari-hari yang bisa membantu mencegah jerawat?”

Karena jerawat disebabkan dari gabungan infeksi bakteri, beberapa cara sederhana ini bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat:

  • Bersihkan smartphone dengan pembersih alkohol secara teratur. Bakteri yang tertinggal di layar kaca smartphone bisa berpindah dan menempel di kulit.
  • Ketika kamu memakai kacamata, sebaiknya bersihkan juga secara rutin. Gagang kacamata di hidung dapat menumpuk minyak dan makeup sehingga jadi saran bakteri.
  • Lakukan pengelupasan kulit secara rutin dengan produk-produk eksfoliasi. Hal ini membantu membuang sel kulit mati penuh bakteri yang menumpuk di wajah.

5. “Saya udah lama banget struggling dengan jerawat dan butuh bantuan profesional. Klinik apa yang punya treatment bagus untuk jerawat?”

Salah satu bentuk perawatan yang direkomendasikan FD adalah Bella Skin Care, beauty clinic yang sudah berpengalaman selama 30 tahun lebih dalam mengatasi berbagai macam masalah kulit. Memiliki beberapa cabang di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Medan, Bella Skin Care mempunyai treatment khusus untuk jerawat yaitu Advance Propolis Defense. Kandungan propolis yang banyak manfaatnya untuk kulit ini akan membantu mendorong produksi kolagen yang fungsinya merangsang regenerasi sel kulit sehat. Secara bersamaan, perawatan ini dapat membuat kulit wajah menjadi halus, mengecilkan tampilan pori, dan mengontrol produksi minyak.

Untuk kamu yang tertarik melakukan perawatan di Bella Skin Care, silakan cek informasinya di website resmi mereka di sini ya. Ada perawatan lain selain untuk jerawat seperti anti-aging, mengencangkan kulit, bahkan perawatan premium dengan caviar. Happy browsing, ya!