Penting! Perawatan untuk Kulit Terbakar

Pulang dari liburan dan kulit terbakar? Jangan lupa lakukan beberapa hal berikut supaya kulitmu cepat membaik.

Menurut saya, ada dua tipe orang di dunia ini: yang suka liburan ke pantai dan yang suka liburan ke gunung! Saya sendiri suka banget ke pantai dan setiap pulang liburan, skintone saya sukses menggelap dua-tiga tingkat, hahaha! Untungnya, skintone asli saya sawo matang dan kulit saya nggak mudah terbakar atau sunburn, jadi kulit saya cukup menggelap saja.

Sayangnya, untuk pemilik kulit yang lebih terang, kulit mereka lebih mudah terbakar matahari. Ciri-ciri kulit terbakar includes (but not limited to) kulit memerah, gatal, terasa panas dan perih, dan puncaknya dapat mengelupas. Yikes! Alasan kulit kita terbakar bisa macam-macam. Bisa karena berjemur langsung dalam jangka waktu panjang tanpa istirahat, pemakaian sun protection yang kurang efektif, waktu berjemur, dan jenis kulitnya sendiri. Yang jelas, the lighter your skin, the easier it burns. Kulit yang terbakar juga perlu waktu lama untuk recovery dan kembali ke kondisi awal. Nah, kalau udah kejadian harus gimana?

Body Sunburn Produk 1

Pertama, mandi atau berendam menggunakan air dingin. Karena kondisi kulit sedang kepanasan, lebih baik kamu menghindari mandi air hangat dulu karena bisa memperparah kondisi kulitmu. Pastikan juga kamu menggunakan sabun yang gentle dan bebas kandungan iritan, seperti The Bath Box Goats Don’t Lie. Kamu juga bisa melakukan kompres dingin ke daerah-daerah yang lumayan sulit di jangkau.

Kedua, gunakan produk after sun secara rutin selama beberapa hari setelah kamu berjemur. Saran saya, gunakan produk berbentuk gel seperti Banana Boat Soothing Aloe After Sun Gel. Produk berbentuk gel dapat membantu mendinginkan kulit, tapi tetap mengunci kelembapan.

Body Sunburn Produk 2

Ketiga, cukup minum air putih. Setelah berjemur, nggak hanya kulit terbakar, tapi kulit kamu juga dehidrasi. Dengan menjaga supply air di tubuh kamu, kamu membantu kulitmu memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Terakhir, kalau sudah mulai mengelupas, jangan lupa eksfoliasi agar kulit mati bisa ‘rontok’ sempurna. Cari produk yang scrub-nya lembut dan nggak terlalu besar-besar agar kulitmu nggak tambah iritasi, seperti Wardah Soft Body Scrub Strawberry atau Purbasari Lulur Mandi Bengkoang yang bisa membantu mencerahkan kulit juga.

Kalau untuk pencegahannya, pastikan kamu memilih sunscreen yang broad spectrum (memiliki PA +) untuk melindungi kulitmu dari sinar UV A-B, menggunakan sunscreen secara lebih efektif, dan lebih cerdas saat berjemur dengan menghindari matahari saat lagi terik-teriknya.