5 Tips Maskara untuk Bulu Mata Pendek

Kalau sudah urusan bulu mata, tim editorial FD (saya dan Ochell) tunduk sama Netta yang sudah diberkahi bulu mata panjang dari sananya. Saya dan Ochell, sebaliknya, harus pasrah dengan bulu mata pendek yang harus banyak diakali supaya bisa lentik!

Banyak orang yang bilang bahwa supaya wajah terlihat cerah, salah satu kuncinya adalah memakai lipstik bold atau blush berwarna cerah. Which is true, tapi buat beberapa orang yang lagi agak mager lipstikan dan memakai blush, peran maskara juga sebenarnya cukup besar, lho. Apalagi buat kamu yang mungkin matanya sering puffy di pagi hari, pemakaian maskara bisa membuat kita terlihat lebih ‘bangun’ dan mata tampak cerah.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang selalu saya lakukan untuk memakai maskara di bulu mata yang pendek. Butuh sedikit trik di sana-sini, tapi hasil akhirnya selalu memuaskan!

1. Bersihkan Ujung Mascara Wand

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pasti kamu pernah mendengar tips yang satu ini: lap mascara bristle dengan tisu supaya produknya nggak kebanyakan numpuk. Saya juga melakukan hal itu, tapi hanya ujung maskaranya saja yang saya lap, bukan keseluruhan bristle. Alasannya sama, supaya produk nggak menggumpal, tapi ada satu lagi alasan lain. We’ll get back to that later!

2. Aplikasikan Maskara di Ujung Bulu Mata

Next, aplikasikan maskara di ujung bulu mata dulu. Nggak usah tebal-tebal dulu, seenggaknya untuk memberi sedikit lapisan aja. Untuk bulu mata saya yang pendek, gerakan yang paling pas adalah di wiggle-wiggle atau zig-zag, tapi jangan terlalu ekstrim zig-zag-nya supaya maskara nggak menggumpal. Ingat, ujung bulu matanya dulu, ya!

Baca juga: Cara Bulu Mata Lentik Maksimal

3. Jepit Bulu Mata Selama 10 Detik

Setelah maskara di ujung bulu mata sudah kering, ambil penjepit bulu mata dan jepit selama kurang lebih 10 detik. Usahakan menjepit sedekat mungkin dengan akar. Banyak orang yang menahan jepitannya selama 10 detik, tapi ada juga yang dipompa beberapa kali sampai bulu mata naik sesuai yang diinginkan. Jangan sampai dijepit terlalu lama, karena selain membuat bulu mata rentan patah, menjepit terlalu lama juga akan membuat lengkungan yang terlalu kaku dan nggak natural.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pardon my messy eyebrows, been trying to grow them out! :D

4. Aplikasikan Maskara di Bagian Bawah Bulu Mata

Masih ingat bagian ujung bristle yang kita lap tadi? Nah, aplikasikan maskara di akar bulu mata menggunakan ujung bristle tersebut. Jadi posisi maskaranya sudah bukan horizontal lagi, melainkan vertikal dan seolah mau nyolok mata.

Lho, kenapa nggak dijepit aja dulu semuanya terus pakai maskara dari bawah ke atas seperti orang normal lainnya? Buat saya, cara yang paling efektif memanjangkan bulu mata adalah dengan memakainya sedikit dulu di ujung bulu mata, fokus untuk memanjangkan dan memisahkan, kemudian barulah mulai akar dan membuat base yang bisa menahan curl bulu mata lebih kuat. Sounds weird? It always works for me, at least :)

5. Finishing Touch: Arahkan Bulu Mata ke Atas dengan Penjepit

Langkah kelima ini sebenarnya opsional, karena tentu kamu tahu kalau bulu mata yang sudah dipakaikan maskara akan lebih rentan patah dan tentu kamu nggak mau penjepit bulu matamu belepotan noda maskara. Nggak mau kan, ngalamin kejadian kayak Miley Cyrus? :D Yang saya suggest di sini bukanlah menjepit kembali bulu mata kamu, melainkan mengarahkan bulu mata yang agak offside dan keluar-keluar. Gerakannya sama seperti menjepit bulu mata, tapi tanpa bukan dijepit. Jadi hanya “disatuin” aja bulu matanya untuk memastikan nggak ada helaian bulu mata yang arahnya beda sendiri.

Ada yang punya trik maskara lain untuk bulu mata pendek? Share di bawah, ya!