Ini yang Dilakukan Polusi Pada Kulit Kita

Siapa di sini yang lokasi kantor atau sekolahnya ada di samping jalan raya? Jika ada, sehari-hari, sudah akrab banget lah ya, dengan yang namanya polusi?

Kantor Female Daily juga kebetulan letaknya persis di samping jalan raya yang aktivitasnya cukup sibuk. Peak hours-nya adalah jam 10 pagi sampai kira-kira jam 4 sore, di mana mobil-mobil dan motor suka “parkir” di jalan saking macetnya. Selain asap dari kendaraan, biasanya banyak juga orang lalu-lalang yang merokok. Jam-jam segitu adalah saat asap, debu, dan kotoran lagi banyak-banyaknya, padahal biasanya jam 4 sore saya suka keluar kantor untuk cari jajanan! :(

Meskipun semua orang tahu bahwa polusi punya dampak buruk ke kulit, tapi belum semuanya ngeh dengan apa yang dilakukan polusi pada kulit kita. Polusi di kota-kota besar terutama, di mana kualitas udaranya sangat kurang dan menyebabkan partikel debu bisa lebih gampang masuk ke kulit. Partikel-partikel dari asap, debu, dan kotoran ini bisa masuk ke lapisan terdalam kulit dan mengganggu produksi kolagen yang fungsinya menjaga kulit kita sehat dan kencang. Sebagai dampak regenerasi kulit yang tertunda karena minimnya kolagen, permukaan kulit akan terlihat kusam dan nggak fresh. Itu baru efek pertama, ya.

DSCF1225Selain kusam, partikel-partikel kecil ini pun bisa masuk ke dalam pori-pori dan membuatnya rentan tersumbat. Ingat kan, pori-pori tersumbat dan kotoran yang menumpuk adalah rumus utama timbulnya jerawat dan komedo. Kotoran yang untuk menumpuk, ditambah penggunaan skincare yang nggak bisa membantu deep cleansing hanya akan membuat bakteri mengendap di dalam pori-pori. Belum lagi risiko timbulnya flek hitam karena melanin di kulit kita mencoba “melawan” external agressors ini.

Meskipun ancamannya agak-agak mengerikan, tapi nyatanya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir dampak buruk polusi pada kulit. Pertama, tentu saja menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan face wash yang bisa mengangkat kotoran secara maksimal seperti POND’s Pure White Facial Foam. Kamu bisa cuci muka dua sampai tiga kali, saat pagi di rumah sebelum berangkat, siang hari di kantor, dan malam hari sebelum tidur. Resiko pori-pori tersumbat akan jadi lebih kecil karena face wash ini bisa membersihkan pori-pori sampai ke dalam.

PONDS PRE WHITE KV-01

POND’s Pure White Facial Foam ini mengandung activated charcoal dan bamboo charcoal yang bisa menarik kotoran dan menyerap minyak dari permukaan kulit. Fungsi deep cleansing-nya dibantu oleh teknologi 3x Purify Power dan dilengkapi dengan vitmain B3 (niacinamide) untuk mencerahkan wajah dan membuat wajah lebih bersih bercahaya. Kalau face wash-nya aja sudah bisa membersihkan kulit sampai ke dalam, step pembersihan dan pemakaian skincare selanjutnya pun pasti akan lebih maksimal lagi efeknya.

Jadi, meskipun efek buruk polusi tersebar di mana-mana, dampaknya pada kulit bisa dicegah dengan menjalani pola hidup sehat (banyak minum air putih dan makan sayur!) plus penggunaan skincare yang tepat. Kamu bisa kunjungi halaman #SolusiPolusi untuk tahu lebih lanjut tentang bahaya polusi di daerahmu dan jangan lupa ajak teman-teman kamu untuk meningkatkan awareness terhadap bahaya polusi untuk kulit!.