Manfaat Aloe Vera Si Skincare yang Masih Populer

Nggak cuma untuk kulit iritasi dan rambut, manfaat aloe vera masih banyak lagi. Apa rahasianya?

Aloe vera gel atau yang sering diklaim sebagai soothing gel menjadi produk yang sampai sekarang masih banyak dikeluarkan berbagai brand. Saat pertama kali keluar, bahan utama dari soothing gel adalah aloe vera, namun sekarang sudah banyak variasi bahan lainnya, seperti rose water, lendir siput, dan lain-lain, tapi soothing gel dengan bahan dasar aloe vera masih mendominasi. Mulai dari The Body Shop, sampai brand skincare asal Korea seperti Etude House, Holika Holika dan Nature Republic punya soothing gel aloe vera, dan yang lebih baru mungkin adalah produk lokal Wardah Hydrating Aloe Vera Gel.

Aloe Body

Tumbuhan aloe vera tumbuh di iklim yang biasanya kering dan nggak stabil, dan caranya bertahan hidup adalah dengan menyimpan cadangan air. Originally came from Sudan, aloe vera alias lidah buaya punya sekitar 75 kandungan powerful yang bagus banget untuk kulit dan kesehatan; mulai dari vitamin, mineral, sampai asam lemak yang berfungsi sebagai anti-peradangan ampuh, that’s why aloe vera sering dipakai sebagai soothing gel.

Apa aja manfaat aloe vera yang bisa kamu gunakan dari satu produknya?

Skin care

Aloe vera kaya akan vitamin C, E, dan beta-karoten yang efektif untuk melembapkan, sehingga produk ini terkenal untuk mengatasi bagian kulit yang mengalami kekeringan. Produk ini dapat diaplikasikan secara langsung pada tubuh sebagai pengganti body lotion, atau dapat diaplikasikan pada bagian tubuh yang kemerahan karena terbakar matahari dan dapat menyamarkan stretch mark.

Saya sendiri pernah memakai aloe vera gel milik Nature Republic dan memang sangat membantu dalam mengatasi kulit kering. Biasanya saya suka pakai di wajah sebagai sleeping mask, dan ketika saya bangun keesokan harinya, kulit saya terlihat sehat dan terasa lembut dan kenyal. Aloe vera juga cocok untuk kulit yang berminyak karena  tekstur gel yang cepat menyerap dan tidak akan membuat kulit kamu terlihat semakin berminyak.

Hair Treatment

Aloe vera gel ini juga bisa diaplikasikan ke rambut, lho. Bisa digunakan sebagai masker rambut untuk menutrisi rambut kering, atau sekedar dipakai di ujung rambut sehabis keramas sebagai pengganti vitamin rambut.

Makeup Base

Kamu bisa menggunakan aloe vera gel sebagai primer atau dasar sebelum memakai makeup, karena produk ini memiliki efek yang dapat menghaluskan kulit sehingga akan mempermudah pengaplikasian produk makeup yang bertekstur cair. Walaupun mungkin nggak akan memberi efek long wearing pada makeup ya.

Tidak heran jika sampai sekarang aloe vera gel masih digemari karena manfaatnya dapat dirasakan dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sebenarnya semua brand memiliki manfaat yang sama dan teksturnya pun tidak beda jauh, perbedaannya biasanya terletak pada bahan, harga, atau packaging-nya.

Selamat mencoba!