Tea Tree Hydrosol untuk Kulit Kepala Berminyak

Punya kulit kepala berminyak? Coba gunakan tea tree hydrosol untuk mengurangi rasa gatal dan minyak berlebihnya.

Rahasia rambut saya tetap tebal dan “sehat” walaupun sering terkena proses kimia adalah kulit kepala berminyak. Enak dong kalau gitu? Nggak juga, karena punya kulit kepala berminyak sama aja seperti punya kulit wajah yang oily. Untungnya punya kulit wajah berminyak adalah nanti disaat sudah memasuki umur 40 tahunan, kulit kita akan lebih minim fine lines. Sedangkan di umur-umur sekarang permasalahannya adalah jerawat dan makeup yang nggak awet.

Nah, kalau kulit kepala berminyak enaknya ya itu tadi, rambut jadi tahan banting sama bahan-bahan kimia. Nggak enaknya kalau di saya adalah harus keramas setiap hari. Karena kalau nggak nantinya akan banyak timbul jerawat di kulit kepala, rasa gatal, dan rambut cepat bau. Permasalahan ini sudah saya alami lebih dari tiga tahun lalu dan nggak pernah menemukan solusinya. Saking desperate-nya saya sampai ke Erha Clinic untuk konsultasi dengan dokter kulit di sana.

Hasil dari konsultasi, memang permasalahan kulit kepala saya ini nggak bisa dihilangkan begitu saja, soalnya rambut saya cukup lebat. Jadi kalau keringetan sedikit nggak akan cepet kering, alhasil bikin kulit kepala lembap. Lembap bertemu dengan minyak hasilnya rambut jadi cepat bau, dan kalau nggak langsung dikeramas ya, akan menyumbat pori-pori kulit kepala dan timbullah jerawat di kulit kepala.

Jadi, solusi dari dokter waktu itu adalah keramas setiap hari dan langsung dikeringkan saat itu juga dan nggak boleh tidur dengan kondisi rambut basah atau setengah kering. Tapi ya neng, nggak setiap hari saya bisa melakukan ini, soalnya ngeringin rambut saya sampai 100% itu butuh waktu satu hingga satu setengah jam, jadi kalau lagi capek banget, ya bye-bye lah rutinitas ini.

Tea Tree-2

And then, dua minggu lalu tiba-tiba saya kepikiran untuk menggunakan produk The Body Shop Tea Tree Oil untuk mengatasi kulit kepala saya yang berminyak ini. Kenapa harus tea tree? Karena memang kandungan ini dipercaya cocok untuk mengatasi jerawat/ kulit yang berminyak. Tapi, setelah saya pikir-pikir, kalau pakai The Body Shop Tea Tree Oil setiap hari yang ada kantong saya bolong mengingat produk ini hanya berisi 10 ml saja. Jadi lah saya mulai cari produk tea tree lain, yang lebih affordable dan yang mudah untuk diaplikasikan pada kulit kepala.

Akhirnya saya menemukan Tea Tree Hydrosol dari Organic Supply Co. Fungsi produk ini sebagai antiseptik, antifungal, anti-baterial dan antiviral, yang digunakan untuk membersihkan luka atau kulit yang iritasi. Selain itu cocok juga digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit seperti eksema dan ketombe.

Baca juga: Cari Pelembap Kulit Alami? Coba Hydrosol

Jadi, saya menggunakan Tea Tree Hydrosol setiap saya habis keramas langsung diaplikasikan pada kulit kepala lalu saya pijat-pijat sedikit. Hasilnya? Pertama, produksi minyak di kulit kepala saya berkurang dan saya nggak perlu keramas setiap hari untuk menghindari rambut bau atau rasa gatal. Kedua, jerawat yang timbul di kulit kepala juga berkurang dan lebih cepat kering. Lalu apakah ini solusi yang tepat? Untuk sekarang iya, karena saya sudah bisa keramas tiga kali dalam seminggu.

Semoga praktek coba-coba saya ini bisa berguna untuk kamu. Kalau kamu punya saran lain boleh lho, bagi-bagi sama pembaca Female Daily lainnya :).