Hati-Hati, Bedakan Jadi Penyebab Jerawat

FD-ers yang masih remaja dan sekolah, wajib baca nih sebelum bedakan berulang kali karena wajah berminyak.

Saya juga pernah lho mengalami kondisi kulit berminyak dan berjerawat, yaitu waktu remaja. Tepatnya sih saat masih SMA dan awal-awal kuliah. Karena kulit saya gampang mengkilap karena minyak, saya mengatasinya dengan sering-sering touch up menggunakan bedak padat. Kondisi kulit muka yang kotor dan terus menerus ditumpuk oleh bedak padat, membuat jerawat rajin banget absen di muka saya.

Jaman saya SMA dulu, dunia makeup dan skincare belum secanggih sekarang. Pilihan merek dan jenis produknya juga masih sedikit. Edukasi mengenai perawatan kulit sejak dini juga minim banget, bahkan hampir nggak ada. Makanya dulu saya nggak kenal dengan kertas minyak . Saya juga nggak paham kalau cara saya touch up itu salah dan malah jadi penyebab jerawat tumbuh subur di muka saya.

Baca juga: Tips Touch Up Makeup & Sunscreen di Siang Hari

Awal kuliah, saya sempat berobat ke dokter kulit karena udah eneq banget sama jerawat. Kata dokter saya waktu itu, sebenarnya makeup, termasuk bedak, harus diaplikasikan dalam keadaan wajah yang bersih. Kalau muka sudah berminyak, berkeringat dan tertempel debu, ditutup dengan bedak malah memperparah jerawat dan menyumbat pori. Menurut saya masuk akal juga sih. Lagipula ketika kita touch up di wajah yang berminyak dan kotor, spons dan produk yang kita pakai juga akan terkontaminasi.

IMG_0113

Sejak sesi dengan dokter kulit tersebut, sepanjang masa remaja saya nggak pernah touch up pakai bedak lagi. Saya mencoba cuek saja walaupun pada siang hari, muka saya super mengkilat karena minyak. Tapi itu jaman dulu ya. Kalau remaja jaman sekarang tentunya sudah punya banyak sekali pilihan produk yang aman untuk sekedar menghilangkan minyak di wajah.

Saya masih nggak menyarankan untuk touch up dengan menggunakan bedak sih. Sebagai gantinya, gunakan kertas minyak atau oil control film untuk menyerap minyak di wajah. Setelah minyak diserap oleh oil control film, semprotkan facial spray atau mineral water ke wajah. Wajah pun bebas minyak dan segar kembali tanpa harus ditumpuk dengan bedak.

Tapi kalau memang harus bedakan lagi, misalnya pulang sekolah ada acara lagi dan rasanya kurang segar kalau nggak pakai bedak, saran saya, lebih baik mengulang makeup dari awal. Caranya dengan membersihkan wajah secara tuntas terlebih dahulu.

IMG_0125

Sekarang sudah banyak dijual makeup remover wipes yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi langkah pertama adalah bersihkan wajah dengan makeup remover wipes, lalu bila perlu lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan sabun muka yang cocok untuk kulitmu. Setelah wajah bersih dan sudah dikeringkan, aplikasikan sunscreen, dan baru kemudian gunakan bedak.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, paling bagus memang menggunakan bedak tabur. Tapi kalau dirasa terlalu repot dan berantakan bila membawa bedak tabur kemana-mana, nggak papa juga sih sesekali memakai bedak padat. Pilih bedak padat yang formulanya ringan dan tidak mengandung foundation.