Semua Hal Tentang Activated Charcoal

Akhir-akhir ini di blog Female Daily sering ngebahas produk dengan activated charcoal. Sebenarnya apa sih activated charcoal? Apakah itu arang yang sering kita temui di tukang sate atau berbeda?

Ingat nggak saya pernah bikin artikel tentang mencerahkan ketiak hitam? Nah, di situ saya bilang kandungan utama untuk membantu mencerahkan kulit adalah dengan menggunakan activated charcoal dan juga madu. Pas saya bilang activated charcoal banyak banget yang nanyain, ini maksudnya arang yang biasa dijual untuk bakar-bakaran atau beda sih? Nah di artikel ini saya akan jelasin apa itu activated charcoal, manfaat dan tempat membelinya.

Charcoal/ coal dan activated charcoal itu berbeda, karena activated charcoal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Selain dari beda fungsinya, bahan yang digunakan pun beda; kalau arang biasa itu adalah hasil pembakaran kayu atau serbuk kayu. Sedangkan activated charcoal berasal dari bambu yang sudah berumur setidaknya lima tahun dan harus dibakar dengan suhu 800 sampai 1200°C.

the-bath-box-activated-charcoal

Image: instagram.com/thebathbox

Apa sih fungsinya? Kalau untuk kesehatan, activated charcoal bisa menyerap racun pada tubuh dan mengurangi rasa kembung (yang dijual dalam bentuk obat), memfilter air dari pestisida, limbah industri, bahan kimia lainnya, bahkan di Jepang produk ini digunakan sebagai air purifier.

Sedangkan fungsinya untuk kesehatan kulit, activated charcoal bisa meredakan jerawat yang meradang, membersihkan pori-pori yang tersumbat, mencerahkan kulit dan juga mengangkat komedo. Cara menggunakannya juga bermacam-macam, bisa dari bahan mentah diramu menjadi pemutih ketiak, sebagai pasta gig,i dan bila dicampurkan dalam produk skincare bisa menjadi cleanser contohnya LUSH Dark Angel  atau masker seperti The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask.

activated-charcoal-3

Baca Juga : Clay Mask untuk Kulit Berjerawat

Lalu di mana bisa mendapatkan bahan mentah activated charcoal? Untuk tempat yang terjamin dan yang saya rekomendasikan adalah Organic Supply.Co. Di shop ini mereka menjual segala kebutuhan untuk D.I.Y Skincare sendiri di rumah, jadi kalau kamu memang lagi iseng dan mau coba-coba bikin skincare atau aromatherapy sendiri di rumah, coba deh main-main ke shop ini.

Jadi sekarang sudah tahu ya apa itu activated charcoal dan di mana belinya. Selamat bereksperimen!