5 Cleansing Balm yang Patut Dicoba

Lagi cari-cari pembersih wajah yang nyaman? Cleansing balm bisa jadi salah satu produk yang kamu coba.

Cleansing balm jadi salah satu produk pembersih wajah yang mulai saya kenal sejak maraknya skincare Korea. Karena sering menggunakan makeup, saya semangat banget buat nyari produk yang benar-benar bisa membersihkan makeup dan juga kotoran termasuk debu. Keunggulan cleansing balm dari beberapa produk yang saya coba adalah nyaman di kulit dan daya angkatnya yang bagus

Ini ada beberapa cleansing balm yang sudah saya coba, walaupun tidak semuanya berasal dari brand Korea.

1. Banila.Co Clean It Zero

Banila

Ini cleansing balm pertama yang saya punya dan paling favorit. Teksturnya yang lembut bikin produk ini mudah diaplikasikan ke seluruh wajah apalagi saat menggunakan heavy makeup (termasuk menghapus makeup waterproof) dan enggak terasa greasy di kulit. Walaupun ada beberapa varian yang disesuaikan dengan jenis kulit, saya sendiri pakai yang classic (warna pink) karena enggak terlalu ada efek yang berbeda dari varian lainnya. Selain itu, ada spatula yang menjaga agar lebih higienis dan hemat saat mengambil produknya. Hasil pemakaian Clean It Zero bisa kamu lihat di artikel Kak Ochell ya.

2. The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter

TBS

Seperti namanya yaitu ”butter”, produk ini teksturnya memang seperti mentega yang berubah jadi oil saat diaplikasikan ke wajah. Walaupun sudah menjadi oil, cleansing balm ini tidak lengket diwajah. Saat digunakan ada efek menenangkan dari kandungan camomile-nya, walaupun menurut saya wanginya tidak begitu kuat tetap hati-hati untuk penggunaan pada kulit yang sensitif terhadap fragrance.

3. Heimish All Clean Balm

Teksturnya sendiri lebih oily daripada Banila.Co Clean It Zero. Yang saya suka dari produk ini adalah karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti shea butter, susu kedelai, berbagai macam ekstrak buah, dan beberapa jenis minyak dari tumbuh-tumbuhan. Heimish All Clean Balm ini memiliki wangi herbal dan tidak mengandung artifical fragrance. Selain itu ada juga spatula yang membuat produk ini lebih higienis dan hemat saat digunakan.

4. E.L.F. Hydrating Gel Melt Cleanser

elf-gel

Walau sama konsep yaitu cleanser di dalam jar, yang ini bentuknya gel. Untuk saya yang memiliki kulit berminyak, cleansing gel ini cocok di kulit. Selain itu, produk ini juga dapat menghidrasi kulit dan membuat kulit lebih lembut. Tapi sayangnya produk ini kurang bisa mengangkat makeup waterproof . Setelah digunakan, produk ini juga agak sulit dibersihkan karena butuh handuk atau kapas hingga tuntas, nggak bisa hanya dengan air.

Innisfree Apple Seed Cleansing Oil Balm

Teksturnya lembut dan ringan mirip Banila.Co Clean It Zero. Produk ini juga bisa menghapus makeup waterproof sekalipun. Saya sebenarnya suka dengan produk ini (walaupun cuma kebagian sampel oleh-oleh dari temen) apalagi wangi apelnya yang jarang ada di skincare lain, tapi sayangnya enggak ada online shop yang jual ini, jadi belom punya full size-nya deh hehehe…

innisfree-apple-seed-cleansing-oil-balm-35030000-86285-a5c

Selain Innisfree (yang soon akan masuk Indonesia) dan The Body Shop, pilihan cleansing balm lain bisa kamu cari di IG shop atau online shop yang menjual produk Korea.

Kalian udah punya salah satu cleansing balm di atas belum? Atau malah punya cleansing balm favorit tapi enggak disebutin diatas? Jangan lupa share di bawah ya!