banner-detik

acne blemishes

MSG Menyebabkan Jerawat?

seo-img-article

Makanan memang bisa jadi salah satu faktor penyebab jerawat. Nah, apakah MSG menyebabkan jerawat juga?

Tiga bulan terakhir ini tiba-tiba saya mengalami breakout yang saya pribadi bisa bilang cukup parah, perkara saya nggak pernah sejerawatan ini sebelumnya saja sih… Lalu waktu saya recall, sebelum sampai akhirnya muncul jerawat-jerawat ini, saya punya kebiasaan ngemil makaroni pedas yang bisa sampai dua sampai tiga bungkus sendiri setiap minggu. Terakhir kali makan, benar saja satu jerawat baru muncul. Tapi karena anaknya penasaran, saya coba untuk makan lagi. Dan anehnya kali itu nggak memberikan efek apa-apa alias nggak ada jerawat muncul. Jadi sebenarnya MSG berpengaruh dengan jerawat apa enggak ya?

kulit-sensitif-jerawat-1

MSG dengan Jerawat

MSG (monosodium glutamat) adalah penyedap rasa yang bisa ditemukan di dalam makanan olahan dan menjadi salah satu aditif yang berbahaya. Saya nggak usah jabarin satu-satu, pasti sudah pada tau ya bahayanya kenapa hehe. MSG sangat rentan hubungannya dengan usus besar dan usus kecil kita, karena mereka berperan sebagai reseptor glutamin yang ada dalam tubuh kita.

MSG dapat menyebabkan gangguan tertentu pada usus yang akibatnya sangat erat dengan timbulnya jerawat. Kok bisa? Menurut penelitian sebuah laman kesehatan, hal-hal yang menimbulkan peradangan dalam tubuh kita memang rentan mengakibatkan timbulnya jerawat.

Banyaknya reseptor glutamat dalam tubuh kita sangat berpengaruh kalau kita mengkonsumsi banyak MSG. Usus jadi terkesan ”keberatan” dalam mencernanya dan hal ini yang mengakibatkan gangguan-gangguan pada usus kita. Nah, statement ini yang bikin saya makin percaya kalau saya mungkin ”keracunan” MSG. Tapi, masih dari halaman website yang sama, asumsi saya tersebut dibantah.

Pernah dengar kalau sarapan dapat mempengaruhi kerja otak kamu? Mirip dengan konsep tersebut, ketika ususmu mengalami gangguan karena MSG, hal tersebut dapat mempengaruhi diri kamu secara emosional (stress atau cenderung tidak relaks) dan emosi kamu itu yang mempengaruhi timbulnya jerawat. Meaning, MSG itself doesn’t affect your breakout directly. Kalau kapasitas ususmu ternyata baik-baik saja dalam menerima zat ini, ya kamu nggak akan tiba-tiba breakout juga karena kebanyakan mengkonsumsi MSG…

Kesimpulan

Meskipun enggak berdampak secara langsung, tapi seriusan deh kurang-kurangin banget buat mengkonsumsi zat yang satu ini. MSG dapat mengendap di usus kamu karena memang butuh waktu yang lebih lama untuk mencernanya. Kalau kamu dari awal sudah alergi dengan makanan ber-MSG, seperti mual setelah mengkonsumsinya, bisa jadi faktor tersebut mengantar kamu dengan akibat-akibat di atas. Ini saya seperti ngomong sama diri sendiri sih… Hehehe.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment