banner-detik

acne blemishes

Cara Mengatasi Jerawat di Bawah Permukaan Kulit

seo-img-article

Mendekati masa-masa PMS, biasanya suka muncul jerawat di bawah permukaan kulit. Tahu kan, jerawat “mendem” yang nggak ada kepalanya tapi suka radang dan nyut-nyutan?

Biasa disebut blind pimple, jerawat yang ngumpet ini sebenarnya nggak cuma muncul pada saat menstruasi aja. Blind pimple adalah hasil dari produksi minyak berlebih pada sebaceous glands yang akhirnya memicu bakteri menumpuk di pori-pori. Saat lagi menstruasi, kadar minyak di kulit memang lagi banyak-banyaknya, tetapi menghapus makeup kurang bersih atau malas eksfoliasi juga bisa memicu timbulnya jerawat di bawah permukaan. Hayo, masih inget kan, kenapa kita harus rajin eksfoliasi kulit?

CLOSE UP WOMANS CHIN SHOWING ACNEYang membuat jerawat seperti ini agak tricky diatasi adalah karena kondisinya yang seringkali meradang. Kalau sudah keluar matanya sih, bisa langsung dipencet supaya pus-nya keluar dan bekasnya cepat hilang. Tapi kalau dalam keadaan super radang seperti ini, yang bisa kamu lakukan adalah meredakan inflamasinya dengan cara-cara berikut:

Kompres

Ambil kapas dan langsun rendam di air dingin, hydrating toner, atau anything soothing yang bisa mengurangi peradangannya. Kalau kamu punya SK-II Facial Treatment Essence, itu bisa juga dijadikan kompres jerawat. Setelah dikompres, bisa juga menggunakan moisturizing sheet mask juga cukup membantu meredakan peradangan. Jadi, kalau ada yang pernah dioleh-olehin Korean sheet mask, dipakai, ya! 😀

Acne Treatment

Dulu, saya sering mengoleskan berlapis-lapis obat jerawat dengan benzoyl peroxide di atas jerawat yang lagi radang-radangnya. Hasilnya? Jerawat kempes enggak, kulit jadi kering, iya! Karena blind pimple ini meradang hingga di bawah permukaan kulit, acne treatment yang lebih cocok adalah salicylic acid atau BHA.

Salicylic acid bisa meresap lebih jauh ke dalam pori-pori dan membunuh bakteri yang menumpuk. Pengalaman saya setelah mengompres jerawat dengan toner BHA andalan, jerawat jadi berkurang nyut-nyutannya dan inflamasinya pun lebih cepat mereda. Nggak harus toner, kalau produk BHA kamu bentuknya exfoliating pads, atau obat jerawat juga boleh banget dipakai.

Selama lagi breakout, usahakan hindari makanan manis atau dairy, ya. Ke-tokceran skincare kamu pasti bisa lebih maksimal lagi dengan bantuan menjaga pola makan. Tips-tips klise lainnya seperti kontrol stress dan stop begadang ternyata sengaruh itu lho, buat jerawat!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment