Tips Makeup Usia 30-an

Bosan dan merasa bahwa makeup style yang biasa kamu pakai membuat wajah terkesan kurang segar? Mungkin kamu sedikit perubahan pada gaya makeup-mu, agar penampilan terlihat lebih muda dan segar.

Memasuki usia 30 tahun, saya jadi suka mengulik gaya makeup yang bikin penampilan saya terlihat lebih muda dan segar. Tentunya untuk mendapatkan kulit yang sehat dan penampilan yang terlihat muda, akan lebih baik kalau kita berinvestasi ke skincare daripada makeup yah. Tapi nggak ada salahnya kan, mencoba beberapa gaya makeup yang bisa membantu menyegarkan kembali penampilan kita?

Karena coba-coba tersebut, saya jadi suka dengan beberapa gaya makeup yang sebelumnya nggak terbayang untuk saya pakai sehari-hari. Selain itu, saya juga sadar bahwa ada beberapa gaya makeup yang harus saya tinggalkan, karena justru membuat wajah terkesan berat dan lelah.

IMG_0263

Berikut adalah perubahan-perubahan yang saya lakukan untuk makeup usia 30-an, yang terbukti membuat wajah terlihat lebih muda dan segar:

Natural Eyebrow

Kalau kamu adalah penggemar Instagram eyebrow yang super presisi dan rapi dengan menggunakan eyebrow pomade, saatnya kamu beralih ke eyebrow pencil yang hasilnya lebih natural. Eyebrow pencil hanya menegaskan warna alis, tanpa menutup rambut alis seperti eyebrow pomade. Jadi bentuk dan rambut asli alis kita masih akan terlihat, tapi alis tetap terlihat rapi dan nyata. Pilih pensil alis dengan warna yang paling mendekati warna rambutmu dan arsir tipis-tipis saja mengikuti bentuk asli alis.

Baca juga: 3 Pensil Alis untuk Rambut Hitam

Glowing Face & No Contouring

Dua tahun terakhir ini, strong contouring  masih banyak diminati, atau setidaknya masih banyak muncul di timeline instagram saya. Buat yang merasa wajahnya chubby seperti saya, pasti teknik contouring ini bener-bener jadi andalan. Tapi contouring yang terlalu kuat bikin muka kelihatan lelah dan jauh lebih mature. Kalau ingin wajah terlihat lebih segar, sebaiknya teknik ini mulai kita tinggalkan. Sebagai gantinya, aplikasikan sedikit highlighter di beberapa bagian wajah yang ingin ditonjolkan, agar wajah glowing dan tetap tampak berdimensi. Atau kalau memang nggak percaya diri bila tanpa contouring sama sekali, bolehlah shading sedikit, dengan menggunakan contouring powder tipis-tipis saja.

Baca juga: Tips Hidung Mancung Tanpa Contouring

IMG_0274

Lipstick Cerah & Glossy

Tadinya saya adalah penggemar gaya smokey eyes-nude lips. Tapi sejak memberanikan diri menggunakan lipstik dengan warna-warna cerah seperti pink dan oranye, dan mendapatkan banyak compliment karenanya, saya sudah mulai jarang memakai nude lipstick. Penambahan lip gloss di bagian tengah bibir juga makin membuat bibir terlihat juicy dan sehat. Untuk menambah kesan segar dan mengimbangi bibir yang sudah berwarna mencolok, sebaiknya bagian mata dibuat simpel saja. Cukup bubuhkan nude eyeshadow berwarna cerah pada kelopak mata dan maskara pada bulu mata atas dan bawah, agar mata terlihat lebih terbuka.

Selain tiga cara di atas, memotong poni juga merupakan cara paling cepat untuk “memangkas umur” lho! Tapi jujur, saya sendiri belum berani mencoba sesuatu yang semi permanen seperti itu.