Mengenal Berbagai Bahan Dasar Foundation

Kalau dari kemarin tim editorial sudah sering rekomendasi foundation untuk kulit berminyak, kali ini saya mau back to basic, ngebahas bahan dasar foundation dan mana yang cocok untuk setiap jenis kulit.

Selain penting memilih warna foundation yang tepat, pemilihan bahan dasar  foundation pun harus diperhatikan supaya makeup bisa menempel dengan baik dan bikin wajah terlihat flawless. Kalau kemarin Gyanda, Video Producer Female Daily, sudah share Tips Memilih Foundation, kali ini saya mau share apa sih bedanya foundation dengan bahan dasar oil, silikon dan air.

Bahan Dasar Foundation-3

Baca Juga : Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak

Oil Based
Foundation dengan bahan dasar oil, biasanya memiliki tektur creamy dan ringan ketika digunakan. Untuk foundation dengan oil based cocoknya digunakan oleh jenis kulit kering. Dari segi coverage-nya foundation oil base itu medium-full coverage, dengan hasil akhir glowy atau satin. Nah, di pasaran, foundation dengan bahan dasar oil sangatlah sedikit. Jadi, kalau memang kamu memiliki kulit kering bisa menggunakan face oil yang dicampur ke dalam foundation, atau menggunakan face mask sebelum mengaplikasikan foundation. 

Baca Juga : Memilih Warna Foundation untuk Hijabers

Silicon Based 
Hampir semua foundation yang kamu temui di pasar adalah foundation dengan bahan dasar silicon. Silicon sendiri memiliki banyak fungsi dalam produk kecantikan, di antaranya adalah mengunci kelembapan kulit, menutup pori-pori, dan membuat foundation lebih smooth dan gampang diratakan. Biasanya tertera di ingredients list sebagai Cyclomethicone, Dimethicone, Trimethylsiloxysilicate atau Cyclopentasiloxane. Kalau foundation kamu dipasarkan sebagai long wearing and waterproof, biasanya foundation tersebut memiliki bahan dasar silicon. Foundation dengan bahan dasar ini contohnya adalah Bourjois Healthy Mix Foundation, Clinique Even Better Foundation, Kat Von D Lock It, dan L’Oreal Magic Lumi.

Baca Juga : 3 Foundation Ringan dari Drugstore

Water Based
Ciri khas foundation water based adalah teksturnya yang ringan/ sangat cair. Umumnya air brushed makeup menggunakan produk-produk dengan bahan dasar air, agar mudah untuk diaplikasikannya. Kalau kulit kamu kering maka sangat disarankan untuk menggunakan foundation seperti ini, karena kandungan air di dalamnya bisa memberikan hidrasi ektra pada kulit. Bebarapa foundation yang water based adalah Koh Gen Do Aqua Foundation, Make Up For Ever Water Blend Face and Body, dan Bobbi Brown Skin Foundation SPF 15.