4 Kesalahan Foundation di Kulit Berjerawat

Kulit lagi jerawatan tapi harus dandan karena ada acara penting? No worries, tapi hindari empat kesalahan foundation berikut ini, ya!

15241918_10154869331942566_2321801211129394760_n

1. Menggunakan Aplikator Kotor

Mau itu kuas, spons, atau tangan sekalipun, kalau dipakai menyentuh muka dalam keadaan kotor, kuman dan bakteri hanya akan menambah kotoran di wajah. More germs = more clogged pores = more pimples! Ada banyak banget rekomendasi pembersih brush dan spons di FD Beauty Review, mulai dari sabun pembersihnya sampai cleansing palette khusus. So, jangan sampai makeup tools kamu jadi tempat bergelimangnya kuman, ya.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kuas Foundation

2. Nggak Menggunakan Pelembap atau Primer

Kondisi kulit memang suka “ajaib” saat lagi jerawatan. Kadang berminyak iya, kering juga iya. T-zone oily, tapi dry patches ada dimana-mana. Belum lagi tekstur yang nggak rata. Kuncinya adalah menggunakan hydrating primer atau pelembap yang bisa membantu kulit menjadi base yang halus untuk foundation. Hindari menggunakan mattifying primer karena itu hanya akan membuat bagian kulit kamu yang kering jadi semakin terlihat. Foundation bisa susah sekali menempel pada kulit yang lagi bermasalah, karena itu penggunaan hydrating primer dan pelembap adalah kunci!

Baca juga: 5 Moisturizer Korea untuk Kulit Berminyak

3. Menggunakan Spot Treatment Sehari Sebelumnya

I learned this the hard way. Pernah suatu kali saya ngaca, kok foundation gue jelek amat sih bentuknya, kayak cuma nemplok aja di muka dan nggak enak dilihat sama sekali. Ternyata, salah satu alasan foundation saya nggak nempel adalah karena malam sebelumnya saya memakai spot treatment jerawat yang bikin beberapa bagian kulit jadi kering. Menyambung ke poin nomor dua, supaya foundation bisa menempel lebih baik, selain pakai primer dan pelembap kamu juga bisa maskeran dulu sebelumnya supaya kulit halus dan licin. Membantu, lho.

Baca juga: 5 Obat Jerawat Mahal Namun Ampuh

4. Terlalu Tebal Menggunakan Setting Powder

Setting powder memang bisa membantu makeup lebih tahan lama, tapi kalau dipakai berlebihan yang ada muka akan terlihat cakey. Apalagi di kulit berjerawat yang teksturnya lagi nggak rata. Daripada menumpuk setting powder, lebih baik kamu invest di setting spray yang bagus atau menurut salah satu trik yang saya pernah saya baca, setting powder-nya di-layer. Pertama dipakai tipis di sela-sela primer dan foundation, kemudian pakai lagi di setelah foundation, jadi nggak akan terlalu tebal hasilnya.

Baca juga: 3 Bedak Tabur Translucent Wajib Coba

Apa trik foundation kamu saat kulit lagi bermasalah? Share di bawah, ya!