“Beli di Mana?” dan Pertanyaan Umum Lain Soal Skincare

Tiga pertanyaan ini sering banget ditanyakan ke tim FD baik di video maupun artikel, sampai kadang bingung jawabnya! :)

14650327_10154764461512566_2710810742533207223_n1. “Beli di Mana?”

Yup, ini adalah pertanyaan paling populer di Female Daily. Memang sih, beberapa kali FD sering menyebutkan beberapa produk yang belum dijual di Indonesia. Seperti misalnya Sukin, Trilogy, Goodness, dan masih banyak lagi. Beberapa subscribers pun banyak yang bertanya dimana mereka bisa menemukan produk-produk ini.

Saya sendiri pun sebenarnya sering amazed dengan orang-orang yang bisa menemukan skincare aneh-aneh yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Tapi sejujurnya, dengan bantuan Google dan online shop yang sekarang sudah buanyak banget jumlahnya, sebenarnya nggak susah untuk mencari tahu di mana kita bisa membeli sebuah produk. Saya sering banget kok, iseng nyari skincare macem-macem dan yang saya lakukan benar-benar cuma buka Instagram, ketik hashtag #jualtrilogy atau #jualtrilogymurah. Boom. Langsung keluar puluhan online shop yang menjual barang tersebut.

Kalau mau memperbanyak referensi, bisa juga cek-cek di Lazada atau e-commerce lain yang biasanya jual produk-produk yang nggak ada di Indonesia.  Jadi, bukannya FD nggak mau jawab setiap ada yang nanya beli di mana, tapi mencari produk benar-benar segampang itu, lho. Plus, untuk beberapa brand, terutama brand lokal yang baru saja launching, di akhir artikel atau video kita selalu menyebutkan di mana kamu bisa membeli produk-produknya.

Jadi, selain nonton video sampai habis, coba deh gerilya di Instagram dan cari online shop yang biasa menjual beauty products langka. Mungkin kamu bisa menemukan hidden treasure yang selama ini dicari. Oh ya, FD juga pernah lho, membuat artikel tentang rekomendasi online shop skincare. Silakan cek toko-tokonya di situ, ya.

Screen Shot 2017-01-12 at 5.51.37 PM

2. “Rekomendasi produk yang bagus untuk jerawat, dong.”

Semua artikel ataupun video tentang jerawat pasti selalu tinggi responnya, sampai-sampai kadang kita kehabisan ide, harus nulis apalagi ya, tentang jerawat?

Meskipun tim FD sudah mencoba berbagai macam produk jerawat di luar sana, tapi satu hal yang kita sama-sama sepakati adalah, nggak ada satu produk ajaib yang bisa menyelesaikan masalah jerawat. Jadi kadang kita suka ragu menjawab pertanyaan “produk apa yang bagus untuk jerawat”. Maksudnya produk untuk apa dulu, nih? Ngempesin jerawat? Ngilangin bekasnya? Ngurangin radangnya? Atau gimana?

Menyembuhkan jerawat itu butuh proses yang panjang (unless you’re blessed with great skin that heals in no time) melibatkan lebih dari satu produk, committed skincare routine, perubahan gaya hidup, dan kadang, biaya yang nggak sedikit. Jadi kalau ditanya apa produk yang bagus buat jerawat, mungkin kita bisa merekomendasikan beberapa produk, tapi dalam konteks yang lebih general. Ujung-ujungnya tentu balik lagi ke kondisi kulit kamu dan apa goal yang ingin dicapai.

So, kalau kamu mau tahu produk-produk apa aja yang direkomendasikan oleh FD, bisa langsung cek artikel-artikel di kategori Acne & Blemishes. Semua produk-produk dan tips tentang jerawat ada di situ. Kalau memang rekomendasinya masih kurang, bisa juga cek di video Cara Menghilangkan Jerawat dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, ya.

3. “Kulitku jenisnya A, kadang suka mengalami B, habis itu C. Gimana, ya?”

Ini pertanyaan sumbangan dari Netta, yang entah kenapa sering banget ditanyain pertanyaan kompleks seperti ini, hahaha. Contoh pertanyaannya kira-kira begini, “Kak, kulitku ini kering, tapi kadang-kadang suka bruntusan di daerah rahang dan t-zone aku berminyak banget. Itu harus gimana ya?”

Waduh, gimana apanya, nih? Gimana nanganin kulit keringnya, ngurangin bruntusannya, atau ngontrol minyaknya? Definisi “gimana”-nya itu yang bikin kita juga bingung menjawabnya. Apalagi kalau skin concern-nya lebih dari satu, menanganinya pun nggak akan se-simple itu.

Saran saya, coba kenali dulu jenis kulit kamu, and work slowly from there. Tentu yang paling tahu tentang kulit kamu adalah kamu sendiri, kan. Cari tahu “general rules” untuk tipe kulit kamu seperti misalnya pelembap apa yang cocok untuk kulit berminyak, kandungan apa yang harus dihindari, dan sebagainya. Kalau pemahaman mendasar kamu sudah oke, otomatis kamu akan bisa menilai sendiri mana produk yang kira-kira cocok dan mana yang enggak.

Kalau sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan, tinggal cari rekomendasi produk yang kira-kira cocok dan coba diaplikasikan ke skincare routine kamu sehari-hari. Dan, biasanya semua itu sudah pernah dibahas di artikel FD, lho. Atau kamu bisa baca rekomendasi pembaca lain di FD Beauty Review. Yang penting harus rajin-rajin search dan ngulik aja pokoknya :) Good luck!