5 Rahasia Anti-Aging Wanita Korea

Dari lendir siput sampai facial di usia 3 tahun, ini nih rahasia-rahasia anti-aging wanita Korea.

Let’s play a game called “Guess Her Age”. Umur wanita di foto ini kira-kira berapa ya?

hajiwonFoto: soompi.com

26? Maybe 30? Nope, salah! Bintang Korea yang bernama Ha Ji Won ini ternyata sudah berumur 38 tahun lho eek!

Siapa sih yang nggak iri dengan kulit wanita Korea yang selalu terlihat flawless, wrinkle-free dan awet muda? Memang sih, Korean women take their anti-aging skincare routine very seriously. Skincare routine itu sepenting makan atau tidur untuk wanita-wanita ini. Penasaran cara mereka menjaga kulit supaya selalu awet muda? Yuk, mari kita contek beberapa rahasia anti-aging wanita-wanita Korea.

1.) Memakai Ampul

Ampoules are basically essences atau serum, tetapi dengan kandungan bahan aktif yang lebih banyak (in other words, ampoules adalah yang paling efektif). Produk ini sangat populer di kalangan wanita-wanita Korea karena hasilnya hampir instan di kulit. Diperkaya dengan berbagai vitamin, ampoules dapat membantu menghadapi tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, kehilangan kolagen, dan kulit kusam.

Baca Juga: Apa Perbedaan Serum, Essence, Booster & Ampoule?

2.) Lendir Siput

Binatang yang awalnya hanya dianggap sebagai perusak tanaman, atau hidangan appetizer ini jadi trend berkat skincare Korea. Lendir siput mengandung enzim-enzim yang dapat menstimulasi kolagen dan elastin fibers. Kedua elemen ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah terjadinya kekusaman pada kulit. If you want to slow down your aging process like a snail’s pace, jangan takut untuk mencoba produk-produk yang mengandung lendir siput ya.

3.) Cuci Muka dengan Air Dingin

Ini adalah tips dari artis Ha Ji Won sendiri, saat ditanya kenapa kulitnya tidak pernah berubah walaupun usianya sudah mau menginjak kepala empat. Hal sesimpel mencuci muka dengan air dingin dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit dan mencegah kerutan di wajah lho. Kulit kendur bisa terjadi karena pori-pori yang membesar, dan banyak yang percaya bahwa jika mencuci muka dengan air panas dapat membuka pori-pori, sebaliknya mencuci muka dengan air dingin dapat menutup dan mengecilkan pori-pori. However, ini adalah hal yang masih diperdebatkan oleh skin experts di seluruh dunia. My advice? Stick to what you know is best for YOUR OWN skin.

4.) Face Massage

Ternyata 10 step Korean routine tidak cukup untuk perawatan wajah sehari-hari wanita Korea. Banyak yang juga melakukan facial massages, yang dipercaya bisa menggencangkan dan mencerahkan kulit, bahkan menguruskan wajah! Alasannya karena memberi tekanan pada sejumlah titik di sekita wajah bisa menstimulasi enzim-enzim tertentu yang menjaga kualitas kulit.

Secintanya wanita Korea terhadap facial massages, sudah ada banyak “face massage app” yang bisa di-download dan menjadi paduan bagus untuk face massage routine-mu sendiri.

koreanapp itunesstoreFoto: Itunes Store

5.) Start Early

Di Korea, anti-aging skincare routine sudah mulai diggunakan dari… *drumrolls* umur 11 tahun! Memang terdengar ekstrim untuk kita yang biasa menunda-nunda menggunakan skincare anti-aging, but it’s very normal for the Koreans. Alicia Yoon, founder e-commerce Peach & Lily, bahkan mengatakan bahwa dia sudah melakukan “toddler facial” sejak masih berumur 3 tahun! Wow, speaking of hardcore. 

Baca Juga: Menggunakan Skincare Anti-Aging di Umur 20an, Kenapa Tidak?

Nah, itulah rahasia-rahasia anti-aging dari Korea. Ada beberapa yang bisa kita praktikkan dengan mudah di hidup kita sehari-hari, seperti rajin melakukan facial massages, pakai skincare dengan lendir siput atau ampul. Others? Not so much (kayaknya masih ogah deh untuk melakukan facial saat masih 3 tahun confused).

Kalau kamu, tertarik ngga untuk mencoba rahasia anti-aging wanita Korea? biggrin