Mitos Menguruskan Badan yang Salah

Buat yang lagi usaha menguruskan badan, ini yang perlu kamu tahu sebelum rajin sauna sampai nyobain pil pelangsing.

Siapa sih yang nggak pernah liat tips-tips menguruskan badan dengan instan sekarang? Mulai di mall sampai di komen-komen Instagram. Terus apakah bisa langsung dipercaya? Sebagai cewek modern pasti jempol kamu sudah sangat otomatis rajin googling dan cek hal-hal yang kira-kira bikin kamu sendiri skeptis. Apa saja sih mitos menguruskan badan yang salah?

pembalut-yang-aman-charm-featured

Slimming Pills

Siapa yang nggak pernah melihat kegencaran penjualan obat pelangsing di komen-komen Instagram? Saya melihat dua teman saya yang mencoba produk-produk tersebut dan bener aja sih, hasilnya memang cukup instan. Tapi pas masuk botol kedua, semua nggak seindah seperti di awal. Teman saya ngaku badannya lemas karena jadi sering diare. Katanya sih ini bagian dari proses kerja obatnya, tapi kok jadi seperti nyiksa diri sendiri ya? Walaupun nggak bisa nyalahin si slimming pills sepenuhnya, tapi pasti kepikiran kan, kalau obat-obat tersebut belum tentu clinically proven atau bahkan bisa menyebabkan efek samping lainnya? Meskipun BPOM sudah mulai gencar menyaring penjualan obat pelangsing via online, tapi nggak ada salahnya kalau kita tetap berhati-hati.

mitos-menguruskan-badan-1

 

Image: WBUR

Produk Low Fat

Masih ada nggak yang sering membeli produk dengan label low fat karena percaya kalau ini cocok untuk melengkapi diet kamu? Yuk kita research lagi. Menurut NHS Choice, yang merupakan health website terbesar di UK, label low fat memang merepresentasikan produk tersebut sebagai asupan yang kadar lemaknya rendah, bukan tidak ada sama sekali ya. Selain itu, menurut penelitian, banyak produk berlabel low fat justru malah mengandung kadar gula yang tinggi, which means nggak bangus juga untuk kesehatan kita. Nggak cuma masalah kesehatan, but you know exactly how sugar will ruin your diet, right?

Sauna

Saya inget banget waktu masih duduk di bangku SD, setiap saya pulang sekolah banyak stasiun televisi menayangkan infomercial yang menjual alat sauna untuk di rumah. Janjinya sih untuk melangsingkan badan, tapi memang iya? Beberapa hari lalu saya mendengarkan penjelasan Dr. Reisa Broto Asmoro di sebuah launching produk, dan dia membantah kalau hal ini bisa membantu menguruskan badan. Menurut beliau, sauna hanya bisa mengeluarkan air yang kemudian menjadi keringat dari dalam tubuh kita, bukan membakar lemak. Sehingga kalau kamu kelamaan sauna, yang ada kamu bukan kurus tapi malah dehidrasi!

Ada yang punya pengalaman dengan mitos-mitos ini? Share di kolom kometar ya!