Tips Belanja Tas Branded Online dari Banananina

Beli makeup online atau pre-order sih sudah biasa, tapi kalau beli tas branded online rasanya saya masih ragu. Kali ini saya minta tips langsung dari ratu tas branded yaitu Banananina. 

Mungkin untuk kamu member lama di Female Daily sudah nggak asing sama Banananina. Bagi yang belum tahu, Bananina adalah online store yang menawarkan jasa pre-order tas branded dari luar negeri. Banananina sendiri sudah menjual tas branded sejak tahun 2009. Awalnya Bananina hanya menjual tas-tas branded pre-loved-nya di Multiply dan Market Plaza Female Daily, tapi karena mendapat banyak respon positif dari para pembeli, di tahun yang sama Banananina memutuskan untuk mulai menyediakan tas-tas branded yang sifatnya ready stock. 

banananina

Setelah sukses menarik kepercayaan dari para customer, akhirnya pada tahun 2012 Bananina secara official memiliki offline store di Menteng Central. Mengingat perkembangan sosial media cukup pesat, Banananina pun mulai memasarkan tokonya melalu platform sosial media seperti Facebook, Instagram dan e-Commerce.

Saya sendiri untuk urusan belanja makeup dengan sistem pre-order sudah biasa, dan kalau ternyata pas barang sampai kurang OK, ya tinggal saya jual lagi. Tapi kalau beli tas branded pre-order risikonya lebih besar dan dana yang dikeluarkan juga lebih banyak. Nah, kali ini saya meminta tips and tricks belanja tas branded online langsung dari pakarnya, founder Banananina, Maia Safira.

Oh ya, ada arti khusus nggak sih dari nama toko kamu? Kenapa Banananina namanya?
“Sebenarnya nggak ada sih. Waktu itu saya lagi baca sebuah artikel dan menemukan frasa Banananina. Menurut saya kata-kata tersebut ear catchy, dan saat saya lagi cari nama untuk bisnis ini, kata-kata yang pertama terlintas di pikiran saya adalah Banananina. Jadilah saya menggunakannya sampai sekarang.”

grand lauching bn 3

Gimana cara mendapatkan trust dari pembeli tas online?
“Yang  penting adalah membangun kredibilitas atau nama baik toko kita terlebih dulu. Dalam bisnis online, nama baik adalah hal yang utama. Calon pembeli baru biasanya akan melihat website dan sosial media kita, jadi langkah pertama untuk mendapatkan good impression adalah dengan membuat web dan halaman sosial media yang menarik. Image yang kita upload juga harus diperhatikan, sebaiknya kita fotoin langsung barang yang kita jual. Kalau ambil foto dari internet, pasti kepercayaan orang terhadap toko kita akan berkurang.

Setelah itu, mereka akan baca-baca komen di halaman kita maupun review orang-orang yang sudah pernah membeli produk di toko kita. Di sinilah fungsi customer service harus optimal. Dengan memberikan pelayanan terbaik kepada setiap customer, komen dan review yang positif datang dengan sendirinya.

Dan yang terakhir adalah experience saat moment of truth. Menurut saya, moment of truth pada online shopping itu ada dua, saat customer menghubungi customer service kita, dan saat customer menerima barang yang dia pesan. Saat customer menghubungi customer service, dia harus merasakan pengalaman seperti dia berbelanja di toko offline. Jadi dia bisa bertanya tentang banyak hal dan dijawab dengan cepat. Begitu juga saat konfirmasi pembayaran, respon yang cepat dan informasi kepastian waktu pengiriman sangat diperlukan oleh para customer.

Moment of truth yang kedua adalah saat yang paling menentukkan bagi kedua belah pihak. Seringnya customer merasakan kekecewaan di sini, jadi kita harus benar-benar memperhatikan hal terkecil dari proses ini. Kemasan yang rapi dan menarik, ketepatan waktu pengiriman dan barang yang sesuai dengan fotonya di web atau media sosial adalah tiga hal yang harus diperhatikan. Setelah customer puas dengan shopping experience dan barang yang dia beli, di situlah kita akan mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan.

Satu lagi, dengan adanya offline store, tingkat kepercayaan customer terhadap kita akan semakin meningkat, karena customer bisa datang langsung untuk melihat barang yang mereka inginkan.”

Screen Shot 2017-01-12 at 7.05.00 PM-side

Ada nggak tips-tips berbelanja tas online yang bisa kamu share?
“Poin utamanya adalah jangan mudah tergoda dengan harga murah atau diskon. Cek dulu kredibilitas penjualnya melalui ulasan di berbagai forum maupun komunitas pecinta tas. Bisa juga cek komen-komen di sosial medianya, atau foto-foto yang di-tag ke akun media sosial penjual tersebut. Bisa juga dengan mencari referensi dari teman atau orang-orang yang terbiasa belanja online. Cara yang lebih mudah adalah mencari namanya di Google, toko online yang memiliki kredibilitas cukup tinggi pasti akan sangat mudah ditemukan di Google.

Kalau belanja dari situs luar negeri, yang paling penting adalah memperhitungkan tax atau bea masuk barang tersebut ke Indonesia. Ajak teman-teman untuk ikut berbelanja bersama kamu supaya bea masuknya bisa dibagi rame-rame jadi lebih murah.”

Ke depannya, ada nggak plan untuk expand lebih dari sekadar tas?
“Saat ini Banananina sudah menyediakan fashion item selain tas seperti dompet, sepatu, jam tangan, kacamata dan make up. Tahun 2017, rencananya kita akan fokus untuk menyediakan barang pre-loved dan memperbanyak koleksi untuk pria.”