5 Tips Memakai Lipstick Matte

Pakai lipstick matte suka berantakan, tidak tahan lama atau bibir menjadi super kering? Simak tips memakai lipstick matte ini yuk, agar hasilnya smooth dan nyaman!

It’s almost the end of 2016, tetapi tren lipstick matte masih saja banyak penggemarnya. Lipstick matte terkenal karena warnanya yang cantik dan tahan lama, bahkan some tidak akan memudar meskipun berhadapan dengan lipstick’s number one enemy, yaitu makanan evil.

mattelipstick (2)There’s also just something about a bold, matte lipstick that makes it so addictive!

Namun, cara pemakaian lipstick matte memang agak tricky. Lipstick matte sering susah diaplikasi, membuat bibir tampak kering atau keriput dan kadang tidak tahan lama. Nah, untuk menghindari situasi seperti itu, saya mempunyai beberapa tips memakai lipstick matte yang bisa kamu coba.

1.) Lakukan Eksfoliasi

Sama seperti kulitmu, bibir pun membutuhkan eksfoliasi. Sangat penting untuk memastikan bahwa bibirmu sudah halus dan lembut sebelum memakai lipstick, apalagi lipstick matte yang gampang menonjolkan kekurangan di bibir. Solusinya adalah rajin eksfoliasi bibir untuk mengelupaskan sel kulit mati dan kulit bibir yang kering. Pakailah lip scrub favoritmu atau buatlah scrub sendiri di rumah.

Baca juga: Cara Mudah Exfoliasi Bibir Supaya Pink Alami

2.) Jangan Lupa Pelembab Bibir

Lip balm bisa digunakan untuk melembabkan bibir agar tidak pecah-pecah dan terlihat sehat sepanjang hari. Cukup tepuk-tepuk lip balm pada bibir dan diamkan kurang lebih tiga menit agar kandungan lip balm dapat meresap ke dalam bibir. Hindari memakai lip balm terlalu banyak ya, karena bisa membuat lipstick terlihat creamy dan tidak lagi bertekstur matte. Salah satu favorit pembaca FD adalah Nivea Lip Butter

tips-lipstick-matte-1

3.) Gunakan Lip Primer

Ini sebenarnya optional sih, tapi kalau kamu ingin hasil yang lebih maksimal, try investing in a good lip primer! Fungsi utama lip primer adalah membentuk lapisan baru antara kulit bibir dan lipstick sehingga tidak membuat bibir gampang kering. Warna lipstick juga bisa terlihat lebih menonjol dan tahan lama pada bibir.

4.) Gunakan Lip Liner

Kalau ingin memakai liquid lipstick yang berwarna bold, sebaiknya gunakan lip liner terlebih dahulu. Lip liner digunakan untuk membentuk garis bibirmu biar nggak gampang bleber, dan saat dipakai di seluruh bibir (nggak hanya di garis bibir) bisa membuat lipstick lebih tahan lama. 

IMG_0822-2

5.) Choose Your Lipsticks Wisely

Pemilihan lipstick sangat penting! Kamu boleh ngikutin semua tips di artikel ini tapi sia-sia saja kalau lipstik yang kamu pilih formulanya tidak bagus. Ada banyak lipstick matte yang dijual sekarang, jadi harus pintar-pintar memilih lipstick yang cocok untuk bibirmu. Solusinya adalah banyak experiment sendiri, banyak baca review, and of course, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel Female Daily yaaa biggrin

Baca juga: 5 Liquid Matte Lipstick dengan Tekstur yang Nyaman di Bibir dan Tahan Lama