3 Hal yang Nggak Disangka Bisa Mengurangi Jerawat

Sudah coba cara ini-itu, ketika nggak diurus justru jerawat malah hilang dengan sendirinya. Pernah melakukan hal-hal random yang justru membantu mengurangi jerawat?

1. Menggunakan Hydrating Mask

Dibanding masker yang menghidrasi atau melembapkan, pemilik kulit acne-prone seringkali hanya fokus ke masker yang sifatnya exfoliating atau purifying. Wajar aja, karena tipe masker ini memang umumnya didesain untuk kulit yang rentan berjerawat dan pori-pori tersumbat. Tapi sebenarnya nggak apa-apa lho, sesekali mensubstitusi exfoliating mask kamu dengan hydrating mask yang fungsinya lebih untuk “ngademin” kulit.

beautydiaryBiar bagaimanapun, hydrating mask akan membantu mengunci kadar air di kulit dan membantu menormalkan kondisi kulit yang mungkin kering karena efek treatment jerawat. Kulit yang nggak cukup terhidrasi juga akan susah untuk “menyembuhkan” dirinya sendiri setelah terjadinya inflamasi. Bahkan, kalau kulit terlalu kering, inflamasi jerawat malah bisa semakin parah, lho.

2. Memencet Jerawat

Berlawanan dengan mitos, kadang ada jerawat yang ketika dipencet justru lebih cepat hilang bekasnya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi yang saya sesalkan kenapa nggak dialami dari dulu. Dari dulu, saya nggak pernah yang namanya memencet jerawat karena katanya akan bikin gampang berbekas. Mulai akhir tahun lalu, setelah tahu tips memencet jerawat yang benar, saya iseng memencet jerawat besar yang waktu itu ada di dahi.

Jerawat yang tadinya sebesar lambang Illuminati sekarang hilang nggak berbekas! Tahu gitu dari dulu jerawat di pipi saya pencet sekalian biar nggak berbekas sampai ada yang cekung begini. Tapi tentu semuanya balik lagi ke kulit dan jenis jerawat masing-masing, karena nggak semua kulit bisa tahan terhadap tekanan saat memencet jerawat (sama seperti kulit sensitif yang suka iritasi setelah facial), dan nggak semua jenis jerawat bisa dipencet. Ingat, jerawat yang layak dipencet adalah yang memiliki whitehead di atasnya dan jangan pernah berpikir untuk memencet jerawat saat kondisinya masih radang. You’ll regret it later!

3. Didiamkan Saja

Agak ngeselin ya, poin terakhir ini? Tapi serius, traveling beberapa bulan lalu, saya sempat skip skincare-an beberapa hari karena terlalu capek dan ingin langsung tidur. Jadi saya cuma membersihkan muka seperti biasa dan blek, langsung melempar diri ke kasur. Alhasil, jerawat kecil-kecil yang muncul di sekitaran dagu dan rahang malah kempes dengan sendirinya ketika nggak dioles apa-apa.

tidur-26Ini nggak cuma dialami saya aja, tetapi tim editor lain, Netta dan Ochell juga pernah mengalami hal yang sama. Malah Netta kasusnya sempat ketiduran dan lupa hapus makeup. Strangely enough, jerawatnya juga kempes :) Mungkin ada masanya di mana jerawat memang hanya numpang lewat aja di kulit kita sebagai hasil dari begadang, stress, atau kebanyakan makan junk food. Bukan berarti harus langsung di-attack dengan spot treatment di sana-sini. Tapi tentu harus bisa dibedakan ya, mana jerawat yang bisa ditangani sendiri, mana yang butuh bantuan dermatologis.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Jerawat